Pemberian Penguatan dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Jember Tahun pelajaran 2020-2021

Ginanjar Salma Maulani Ulfah, - (2021) Pemberian Penguatan dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Jember Tahun pelajaran 2020-2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
GINANJAR SALMA MAULANI ULFAH_T20171229.pdf

Download (30MB)

Abstract

Ginanjar Salma Maulani Ulfah, 2021: Pemberian Penguatan dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Jember Tahun pelajaran 2020-2021 Kata Kunci: Pemberian Penguatan, Motivasi Belajar. Pemberian penguatan dalam sebuah pembelajaran merupakan salah satu usaha sadar seorang pendidik untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didiknya dengan memberikan rangsangan sehingga perilaku yang sama akan muncul kembali. motivasi sendiri adalah sebuah dorongan pada seseorang untuk dapat melakukan sesuatu dan juga memiliki peran sangat penting dalam proses pembelajaran, karena apabila motivasi dapat ditimbulkan dalam sebuah proses belajar mengajar, maka hasil belajar yang didapat akan menjadi optimal dan makin tinggi pula tingkat keberhasilan pembelajaran itu Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pemberian penguatan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar instrinsik siswa pada pembelajaran SKI di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2020-2021 2) Bagaimana pemberian penguatan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa pada pembelajaran SKI di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2020-2021. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pemberian penguatan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar instrinsik siswa pada pembelajaran SKI di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2020-2021. 2) untuk mengetahui pemberian penguatan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa pada pembelajaran SKI di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Jenis penelitian ini dipilih karena dinilai sesuai dengan fokus kajian ini dan Penelitian kualitatif sendiri adalah pengumpulan data pada suatu latar alamiah dengan maksud menafsirkan suatu keadaan atau fenomena secara apa adanya. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang di gunakan yaitu Triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Pemberian penguatan yang berikan guru SKI di MAN 1 Jember untuk meningkatkan motivasi belajar instrinsik siswa adalah dengan memberikan penguatan verbal maupun non verbal yang dapat memicu rasa ingin tahu, kemauan serta tantangan dari dalam diri siswa. 2) Pemberian penguatan yang diberikan guru SKI di MAN 1 Jember untuk meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa adalah dengan memberikan penguatan verbal maupun non verbal, segala hal yang berupa imbalan sebagai reward atas usaha baik yang telah dilakukan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 16 Jun 2022 06:49
Last Modified: 16 Jun 2022 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7497

Actions (login required)

View Item View Item