Problematika Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMK Nurul Islam Desa Bicabi Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep Tahun Ajaran 2021/2022

SANTOSO, EDI (2022) Problematika Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMK Nurul Islam Desa Bicabi Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Edi Santoso_T20181268.pdf

Download (4MB)

Abstract

Edi Santoso, 2022. Problematika Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMK Nurul Islam Desa Bicabi Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep Tahun Ajaran 2021/2022.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya – upaya pembaharuan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Di zaman modern seperti ini dimana teknologi semakin canggih dan maju seharusnya harus saling berpengaruh dalam kehidupan manusia, begitu juga pada dunia pendidikan perlu adanya inovasi dalam mengajar apalagi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam supaya peserta didik keluar dari zona yang membosankan dengan model pembelajaran klasik (ceramah).
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana problematika pengembangan model pembelajaran PAI berbasis TIK di SMK Nurul Islam Desa Bicabi Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep Tahun Ajaran 2021/2022 . 2) Bagaimana problematika penerapan model pembelajaran PAI berbasis TIK di SMK Nurul Islam Desa Bicabi Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep Tahun Ajaran 2021/2022.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan problematika pengembangan model pembelajaran PAI berbasis TIK di SMK Nurul Islam Desa Bicabi Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep Tahun Ajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan problematika penerapan model pembelajaran PAI berbasis TIK di SMK Nurul Islam Desa Bicabi Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep Tahun Ajaran 2021/2022.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif yang mana penelitian ini mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi dilapangan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan fokus penelitian yaitu sebagai berikut: 1) Problematika yang terjadi di SMK Nurul Islam pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang paling utama adalah dari segi biaya operasional sekolah yang minim sehingga untuk pengembangan teknologi sebagai media pembelajaran menjadi terkendala. Untuk mengembangkan teknologi sebagai media pembelajaran biaya operasional memang menjadi hal yang sangat penting, pengembangan teknologi sebagai media pembelajaran perlu diadakan karena teknologi sebagai media pembelajaran menjadi alat bantu bagi guru untuk melakukan pembelajaran. 2) Problematika pelaksanaan teknologi sebagai media pembelajaran di SMK Nurul Islam pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah dari skil atau kemampuan guru dalam menggunakan teknologi pada pembelajaran yang minim, membuat guru jarang menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran hal ini juga berakibat kurangnya skil atau kemampuan guru dalam menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran karena belum terbiasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr EDI SANTOSO
Date Deposited: 17 Jun 2022 02:58
Last Modified: 17 Jun 2022 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7517

Actions (login required)

View Item View Item