Pengembangan E-Book Berbasis Program Sigil Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Kelas Vii Di Smpn 1 Wonomerto Kabupaten Probolinggo

Herfian, Mala (2022) Pengembangan E-Book Berbasis Program Sigil Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Kelas Vii Di Smpn 1 Wonomerto Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MALA HERFIAN_T201810066.pdf

Download (5MB)

Abstract

IPA merupakan rumpunan ilmu, yang memiliki karakteristik khusus yaitu mempelajari fenomena alam yang faktual, kenyataan, kejadian dan hubungan sebab akibatnya. Cabang ilmu rumpunan IPA saat ini yaitu Biologi, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi/Astrofisika, dan Geologi. Pada bidang fisika mencakup materi pengukuran, kalor, energi, gerak, dan lain sebagainya. Untuk memudahkan memahami konsep serta rumus, maka memerlukan suatu media yang menarik yaitu berupa media e-book berbasis program Sigil.
Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui validitas media pembelajaran e-book berbasis program Sigil pada materi kalor dan perpindahannya kelas VII SMP. (2) Untuk mengetahui respons siswa terhadap media e-book berbasis program Sigil pada materi kalor dan perpindahannya kelas VII SMP
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan Research and Develoment (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdapat lima tahapan yaitu : Analysis (analisis), Design (perancangan), Developpment (pengembangan), Implemetation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Namun peneliti membatasi sampai pada tahap implementasi karena keterbatasan waktu dan biaya. Teknik instrumen yang digunakan menggunakan Skala Likert dengan 5 kategori yang disusun dalam benuk Checklist. Subjek penilaian produk untuk validasi media e-book berbasis program Sigil yang terdiri dari ahli materi , ahli media, dan guru IPA. Uji respons siswa dalam penelitian ini yaitu skala skala kecil berjumlah 6 siswa dan uji skala besar berjumlah 30 siswa.
Analisis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berasal dari instrumen validasi dan respons siswa. Sedangkan data kualitatif bisa berupa saran dan komentar validator maupun siswa.
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan e-book berbasis program Sigil dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor persentase sebesar 93% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan tanpa revisi. Dari ahli materi memperoleh skor persentase 94% dengan kategori sangat valid, ahli media memperoleh skor persentase 96% dengan kategori sangat valid, dan dari guru IPA sebagai praktisi lapangan memperoleh skor persentase 90% dengan kategori sangat valid. Hasil respons uji skala kecil memperoleh skor persentase 84% dengan kategori sangat valid, dan hasil respons uji skala besar memperoleh skor persentase 94% dengan kategori sangat valid.
Kata Kunci : E-Book, Kalor dan Perpindahannya, Sigil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020304 Thermodynamics and Statistical Physics
10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100602 Input, Output and Data Devices
10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100699 Computer Hardware not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mahasiswa Mala Herfian
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:52
Last Modified: 17 Jun 2022 03:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7523

Actions (login required)

View Item View Item