MODEL PEMBELAJARAN DEBAT PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH KHOLID BIN WALID DUKUH MENCEK SUKORAMBI JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022

Maghfiroh, Lailatul (2022) MODEL PEMBELAJARAN DEBAT PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH KHOLID BIN WALID DUKUH MENCEK SUKORAMBI JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI LAILATUL MAGHFIROH WATERMARK FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lailatul Maghfiroh, 2022, Model Pembelajaran Debat pada Pembelajaran Fikih Kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Kholid bin Walid Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun Ajaran 2021/2022

Perkembangan model pembelajaran akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu tergantung dari kondisi siswa yang di ajar, pendidik harus sangat jeli dalam menggunakan model pembelajaran karena nantinya akan menentukan seberapa efektif dalam meningkatkan hasil belajar, Seperti salah satu sekolah di desa Dukuhmencek, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, bernama MTs Kholid bin Walid terdapat Model Pembelajaran yang berbeda dalam satu Matapelajaran yaitu pada mata pelajaran Fiqh, Pendidik menerapkan model pembelajaran debat karena di anggap model pembelajaran sebelumnya yaitu metode ceramah sudah tak efektif yaitu mengalami rasa bosan, mengantuk, mengabaikan penjelasan, dan tidak memahami penjelasan materi yang telah dijelaskan.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan Model Pembelajaran Debat pada Pelajaran Fikih Kelas IX di MTs Kholid bin Walid Dukuh Mencek Jember Tahun Ajaran 2021/2022 ?. 2) Bagaimana pelaksanaan Model Pembelajaran Debat pada Pelajaran Fikih Kelas IX di MTs Kholid bin Walid Dukuh Mencek Jember Tahun Ajaran 2021/2022 ?. 3) Bagaimana evaluasi Model Pembelajaran Debat pada Pelajaran Fikih Kelas IX di MTs Kholid bin Walid Dukuh Mencek Jember Tahun Ajaran 2021/2022 ?. Tujuan dalam Penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan Model Pembelajaran Debat pada Pelajaran Fikih Kelas IX di MTs Kholid bin Walid 2). Mendeskripsikan pelaksanaan Model Pembelajaran Debat pada Pelajaran Fikih Kelas IX di MTs Kholid bin Walid 3) Mendeskripsikan evaluasi Model Pembelajaran Debat pada Pelajaran Fikih Kelas IX di MTs Kholid bin Walid Dukuh Mencek Jember Tahun Ajaran 2021/2022.
Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), Subjek penelitian menggunakan teknik purposive, tehnik pengumpulan data menggunakan tiga cara yakni observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga langkah yaitu kondensasidata, penyajian data dan penarikan simpulan dan verifikasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Perencanaan Model Pembelajaran Debat di MTs Kholid bin Walid dalam pembelajaran fikih yang mana guru harus membuat RPP terlebih dahulu agar pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan. (2) Pelaksanaan Model Pembelajaran Debat di MTs Kholid bin Walid mengenai materi yang dijelaskan oleh guru dibuat satu pembahasan yang dibuat menjadi satu pertemuan yang menjelaskan tentang muamalah ketentuan jual beli. (3) Evaluasi formatif Model Pembelajaran Debat di MTs Kholid bin Walid dibagi menjadi dua tes yaitu tes dan non tes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Debat pada Pembelajaran Fikih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Lailatul Maghfiroh
Date Deposited: 21 Jun 2022 01:50
Last Modified: 21 Jun 2022 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7526

Actions (login required)

View Item View Item