Implementasi Metode Bermain, Cerita, dan Menyanyi (BCM) Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 05 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Fira, Saputri (2022) Implementasi Metode Bermain, Cerita, dan Menyanyi (BCM) Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 05 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIRA SAPUTRI WATERMARK_T20181349.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fira Saputri 2022. Implementasi Metode Bermain, Cerita, dan Menyanyi (BCM) Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 05 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 Kata Kunci: Metode BCM, Motivasi Belajar, Akidah Akhlak Metode BCM adalah sebuah cara atau strategi yang menggabungkan beberapa metode menjadi satu agar mencapai tujuan pembelajaran afektif, inovatif, kreatif dan menyenangkan. Dengan membangkitkan, mengarahkan dan menetapkan perilaku arah satu tujuan. Sehingga bisa menjadikan motivasi belajar siswa meningkat dan tujuan dalam pembelajaran tercapai sesuai yang diinginkan. Fokus dalam penelitian ini adalah. 1) Bagaimana perencanaan implementasi metode BCM dalam peningkatan motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa pada mata pelajaran aqidah ahlak di MTSN 05 Jember Tahun pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana pelaksanaan implementasi metode BCM dalam peningkatan motivasi belajar intrinsic dan ekstrinsik siswa? 3) Bagaimana evaluasi implementasi metode BCM dalam peningkatan motivasi belajar intrinsic dan ekstrinsik?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi meotode BCM dalam peningkatan motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTSN 05 Jember tahun pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan implementasi metode BCM dalam peningkatan motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi implementasi metode BCM dalam peningkatan motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model inteeraktif Miles Huberman dengan langkah pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini: 1) Perencanaan dalam implementasi metode bermain, cerita, menyanyi (BCM) dalam peningkatan motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa ini juga memerlukan persiapan sama halnya seperti yang sudah biasa dalam perangkat pembelajaran yaitu dengan menyiapkan RPP, Silabus, Jadwal kegiatan dan lain sebagainya. 2) Pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung memanglah sangat menyenangkan di mana tidak ada rasa tegang, rasa takut dalam menerima pembelajaran, karena di mana dalam pembelajaran ini memang sangatlah bagus untuk perkembangan otak anak yang menjadikan pola berfikir yang kreatif, dan inovatif. 3) Evaluasi dalam metode BCM dalam peningkatan motivasi belajar intrisik dan ekstrinsik siswa pada mata pembelajaran akidah akhlak ini sangat diperlukan dimana dalam melakukan evaluasi ini dapat bisa meningkatkan hasil belajar siswa yang optimal dengan banyak mengembangkan pengetahuan yang diperoleh siswa itu sendiri. Dengan adanya sistem remedial atau pengayaan sendiri. Sangat membantu pada mata pelajaran kidah akhlak itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fira Saputri
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:07
Last Modified: 22 Jun 2022 04:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7557

Actions (login required)

View Item View Item