INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) MELALUI APLIKASI HOLY QURAN DI SMP PLUS DARUSSHOLAH JEMBER

Muhammad Yusron Irfa'ud Darojat, Yusron (2022) INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) MELALUI APLIKASI HOLY QURAN DI SMP PLUS DARUSSHOLAH JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Muhammad Yusron Irfa`ud Darojat_T20181072.pdf

Download (6MB)

Abstract

Al-Qur’an digital merupakan sebuah aplikasi yang memuat Al-Qur’an dalam sebuah gadget,. Kemajuan Al-Qur’an digital di masa datang sangat erat kaitannya dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Kemajuan teknologi komputer akan saling beriringan satu sama lain. Berbagai model dan format baru Al-Qur’an digital tentunya akan bermunculan seiring dengan bermunculannya model dan jenis perangkat keras komputer dan peranti lunak lainnya.
Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana tujuan inovasi media pembelajaran berbasis ICT melalui aplikasi Holy Quran di SMP Plus Darussholah Jember?, 2) Bagaimana implementasi inovasi media pembelajaran berbasis ICT melalui aplikasi Holy Quran di SMP Plus Darussholah Jember?, 3) Bagaimana efektivitas inovasi media pembelajaran berbasis ICT melalui aplikasi Holy Quran di SMP Plus Darussholah Jember?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan tujuan inovasi media pembelajaran berbasis ICT melalui aplikasi Holy Quran di SMP Plus Darussholah Jember, 2) Untuk mendeskripsikan implementasi inovasi media pembelajaran berbasis ICT melalui aplikasi Holy Quran di SMP Plus Darussholah Jember, 3) Untuk mendeskripsikan efektivitas inovasi media pembelajaran berbasis ICT melalui aplikasi Holy Quran di SMP Plus Darussholah Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data selama di lapangan yang digunakan adalah analisis data model Mattew B. Miles and Hubberman, yang menggunakan 3 tahap dalam pelaksanaan yaitu: 1) Kondensasi data, 2) Penyajian Data, 3) Penarikan Kesimpulan dan Verivikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Penggunaan aplikasi Holy Quran dapat menjawab permasalahan di masyarakat terkait dengan pencarian topik-topik yang ada dalam Al-Qur’an, peserta didik mampu menganalisis topik-topik yang terdapat dalam Al-Qur’an dan peserta didik terampil dalam mengetik Al-Qur’an 2) Kegiatan awal dalam pembelajaran Holy Quran diawali dengan pengenalan huruf-huruf hijaiyah, kegiatan inti dilakukan dengan pengenalan komputer dan aplikasi, kegiatan evaluasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa selama proses pembelajaran, 3) Peserta didik menjadi termotivasi dan lebih berkonsentrasi dalam menggunakan aplikasi Holy Quran, hasil dari pengguanaan aplikasi Holy Quran peserta didik hafal setiap huruf dalam potongan ayat Al-Qur’an.

Kata Kunci: Inovasi, Media Pembelajaran ICT (Inovation and Communication Technology), Aplikasi Holy Quran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080305 Multimedia Programming
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080307 Operating Systems
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080399 Computer Software not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Yusron Irfa'ud Darojat
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:58
Last Modified: 20 Jun 2022 06:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7559

Actions (login required)

View Item View Item