ANALISIS PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA PENJUALAN PRODUK NAWANGWULAN CRAFT DI DESA PAIT KECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG

Lubabah Addiini, Fitrohwati (2022) ANALISIS PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA PENJUALAN PRODUK NAWANGWULAN CRAFT DI DESA PAIT KECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
LUBABAH ADDIINI FITROHWATI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Lubabah Addiini F, Rini Puji Astuti, S.Kom., M.Si., 2022 : Analisis Pemanfaatan Digital Marketing Pada Penjualan Produk Nawangwulan Craft Di Desa Pait Kabupaten Malang.

Kenyataan yang sedang berkembang saat ini adalah internet dijadikan sebagai sarana utama para pelaku usaha untuk menjual dan mempromosikan usaha mereka. Salah satu usaha di bidang rajut yang telah menerapkan digital marketing adalah Nawangwulan Craft di Desa Pait, Kabupaten Malang. Munculnya Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19) berdampak negative terhadap kinerja keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), kurangnya pendapatan membuat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kesulitan dalam melanjutkan bisnisnya. Meskipun begitu Usaha Nawangwulan Craft berusaha mengatasi situasi sulit tersebut. Fenomena ini menarik untuk diteliti.
Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana penerapan digital marketing pada penjualan produk Nawangwulan craft di desa Pait?, 2). Bagaimana kendala, solusi dan manfaat digital marketing pada penjualan produk Nawangwulan craft di desa Pait?. Penelitian ini bertujuan 1). Menganalisis penerapan digital marketing pada penjualan produk Nawangwulan Craft di desa Pait. 2). Menganalisis kendala, solusi dan manfaat digital marketing pada penjualan produk Nawangwulan Craft di desa Pait. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam pemilihan subyek digunakan teknik purposive. Metode yang digunakan dalam keabsahan data adalah triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan: 1). Beberapa penerapan digital marketing yang dilakukan oleh pemilik usaha Nawangwulan Craft untuk mengembangkan usahanya, yaitu seperti membuat vidio tutorial youtube, mengadakan give away, review dari para customer, promosi menggunakan teman-teman influencer yang dikenal oleh pemilik Nawangwulan Craft, dan juga dengan menggunakan e-commerce terkenal yaitu shopee. 2). Kendala yang dialami, yaitu tuntutan harus selalu berinovasi. Solusi yang dilakukan oleh Rizka selaku pemilik Usaha Nawangwulan Craft dalam menghadapi penurunan pendapatan pada masa pandemi covid-19 yaitu dengan tetap menggunakan digital marketing dan terus berinovasi. Manfaat yang dirasakan, yaitu bisa menghemat biaya promosi, jangkauan yang lebih luas dengan menggunakan hashtag di instagram, membuat lebih dekat dengan calon customer, meningkatkan brand awarreness, lebih mudah shareable content dan cepat hanya dengan menggunakan digital marketing.

Kata Kunci: Manfaat, Digital Marketing, Produk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Lubabah Addiini Fitrohwati
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:45
Last Modified: 11 Jul 2022 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7574

Actions (login required)

View Item View Item