PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM SUKOWONO KABUPATEN JEMBER

Sofiatin, Riski (2022) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM SUKOWONO KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RISKI SOFIATIN_T20174031_113003.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penanaman pendidikan karakter untuk menjadikan seseorang memiliki kepribadian yang baik dalam kesehariannya. Pendidikan karakter bisa dilakukan dengan pembiasaan dalam kesehariannya di mulai sejak dini untuk menumbuhkan kebiasan-kebiasaan baik untuk membentuk karakter yang baik. Anak Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah cenderung menyerap informasi ataupun penyampaian materi pada anak melalui kegiatan yang real atau nyata dalam pembentukan moral anak. Proses pendidikan yaitu membangun watak atau di sebut membina karakter. Pembinaan karakter yang tanpa kita sadari kita telah bisa melakukan kedisiplinan, tanggung jawab, hormat dan patuh, memiliki jiwa islami. Madrasah bila ingin menghasilkan peserta didik yang berkarakter maka madrasah menyiapkan wadah untuk membentuk karakter.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Tahapan pendidikan karakter di MI Miftahul Ulum Sukowono Kabupaten Jember? 2) Bagaimana Pelaksanaan Pendidikan Karakter di MI Miftahul Ulum Kabupaten Jember? 3) Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Pendidikan Karakter di MI Miftahul Ulum Kabupaten Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian eksploratif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Hubermen dan saldana dengan langkah-langkah: 1) kondensasi data 2) penyajian data 3) kesimpulan, penarikan/verifikasi. Metode keabsahan data menggunakan trianggulangi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah : 1) pendidikan karakter di MI Miftahul Ulum Sukowono Kabupaten Jember yaitu dengan (moral knowing) untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan agar bisa membedakan mana yang benar untuk dilakukan dan mana yang salah untuk di tinggalkan, tahapan (moral feeling) dalam menumbuhkan keinginan dari peserta didik itu sendiri untuk melaksanakan (moral acting) maka peserta didik diminta untuk melakukan kebaikan-kebaikan itu karna sudah mengetahui hasil dari nilai keberanan dengan kenginginan sendiri. 2) Proses pelaksanaan pendidikan karakter di MI Miftahul Ulum Sukowono Kabupaten Jember melakukan dengan menanamkan pendidikan karater melalui proses religius, disiplin dan tanggung jawab yang dilakukan dalam kesehariannya dan berulang-ulang baik didalam kelas maupun di luar kelas. 3) faktor pendukung merupakan kegiatan yang menjadi dukungan dalam menjalankan kegiatan pendidikan karakter, diantaranya: (a) Lingkungan yang kondusif (b) Fasilitas yang mendukung (c) Semangat para pendidik (d) Adanya kerja sama dengan orang tua. Faktor penghambat yang mana menjadi suatu yang berdampak negatif dalam kegiatan pendidikan karakter baik dari internal maupun eksternal, diantaranya: (a) Rasa malas dari peserta didik (b) Adanya pengaruh buruk dari teman sebaya. (c) Ekonomi keluarga yang dirasa kurang memenuhi dalam membentuk karakter speserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Riski Sofiatin Riski sofiatin
Date Deposited: 21 Jun 2022 01:33
Last Modified: 21 Jun 2022 01:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7590

Actions (login required)

View Item View Item