Implementasi Media Berbasis Powtoon dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Maulana Ishaq Kabat Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022

Maya, Izzatus sofa (2022) Implementasi Media Berbasis Powtoon dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Maulana Ishaq Kabat Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MAYA IZZATUS SOFA WATERMARK.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Maya Izzatus Sofa, 2022: Implementasi Media Berbasis Powtoon dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Maulana Ishaq Kabat�Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022 Kata Kunci: Media berbasis Powtoon, Mata Pelajaran Akidah Akhlak Pembelajaran yang baik merupakan kegiatan belajar mengajar antar guru dan siswa yang terjadi secara kondusif. Untuk tercapainya tujuan pembelajaran, maka guru diharuskan untuk kreatif dalam menyampaikan pesan dalam setiap mata pelajaran. Media didalam pembelajaran sangat diperlukan sebagai perantara pesan yang akan disampaikan guru terhadap siswa agar bisa diterima dengan baik dan dipahami. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini di antaranya adalah, (1) Bagaimana perencanaan implementasi media berbasis powtoon dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Maulana Ishaq Kabat-Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022? (2) Bagaimana pelaksanaan implementasi media berbasis powtoon dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Maulana Ishaq Kabat�Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022? (3) Bagaimana evaluasi implementasi media berbasis powtoon dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Maulana Ishaq Kabat-Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022?. Tujuan dari penelitian ini yaitu : Pertama, untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi media berbasis powtoon dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Maulana Ishaq Kabat�Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022. Kedua, untuk mendeskripsikan pelaksanaan implementasi media berbasis powtoon dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Maulana Ishaq Kabat-Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022. Ketiga, untuk mendeskripsikan evaluasi implementasi media berbasis powtoon dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Maulana Ishaq Kabat-Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022 Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Langkahnya meliputi: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan kredibilitas data yaitu: triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanan Implementasi Media Berbasis Powtoon dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs Maulana Ishaq Kabat�Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022 perencanaan yang perlu dipersiapkan adalah penyusunan RPP dan pembuatan media powtoon di luar jam pembelajaran. (2) Pelaksanaan Implementasi Media Berbasis Powtoon dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs Maulana Ishaq Kabat-Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022 yaitu terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. (3) Evaluasi Implementasi Media Berbasis Powtoon dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs Maulana Ishaq Kabat-Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022 evaluasi dengan menilai hasil kegiatan diskusi siswa yang meliputi proses kerja sama dalam berkelompok, menyusun jawaban yang telah ia peroleh melalui media powtoon dan keberanian untuk mempresentasikan hasil diskusi, yang kedua yaitu quiz

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maya izzatus sofa
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:58
Last Modified: 21 Jun 2022 03:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7605

Actions (login required)

View Item View Item