PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA TOPIK KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA KELAS VII MTS NAHDLATUTH THALABAH WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Umi Labibah, Lubna (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA TOPIK KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA KELAS VII MTS NAHDLATUTH THALABAH WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SKRIPSI LUBNA UMI LABIBAH)
Lubna Umi Labibah T20170032.pdf

Download (6MB)

Abstract

Lubna Umi Labibah, 2022: PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING
TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA TOPIK KLASIFIKASI
MATERI DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA KELAS VII MTS
NAHDLATUTH THALABAH WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN
2021/2022
Kata Kunci : Model discovery Learning, Keterampilan proses Sains
Studi pendahuluan yang peneliti lakukan di MTs Nahdlatuth Thalabah
menemukan fakta bahwa selama kegiatan pembelajaran IPA pada topik
Klasifikasi Materi dan Perubahannya hanya sering dilakukan di dalam kelas dan
kurang melibatkan siswa untuk ikut aktif pada pembelajaran. Hal ini membuat
siswa tidak biasa bertanya, mengeluarkan pendapat dan perilaku komunikasi
positif yang lainnya. Keterampilan proses sains pada sekolah ini juga belum
sepenuhnya dapat diterapkan dan pembelajaran hanya difokuskan pada segi
konsep, sehingga jarang sekali melakukan kegiatan praktikum.. Akibat minimnya
kegiatan praktikum ini menyebabkan rendahnya keterampilan proses sains pada
topik ini. Dari permasalahan tersebut, peneliti termotivasi untuk menggunakan
model pembelajaran discovery learning karena dapat mendorong siswa agar
berperan aktif dalam pembelajaran dan menekankan siswa untuk menemukan
konsepnya sendiri melalui eksperimen.
Rumusan masalah dari penelitian ini ialah : Apakah terdapat pengaruh
dalam penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan
proses sains pada topik Klasifikasi Materi dan Perubahannya di kelas VII MTs
Nahdlatuth Thalabah tahun ajaran 2021/2022?. Dan tujuannya ialah untuk
mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap
keterampilan proses sains pada topik Klasifikasi Materi dan Perubahannya pada
siswa kelas VII Mts Nahdlatuth Thalabah.
Pendekatan penelitian yang dipilih yaitu pendekatan penelitian kuantitatif
dan jenis penelitian ini merupakan metode penelitian kuasi eksperimen. Desain
penelitian yang digunakan penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group
Desain. Teknik yang dipakai ialah purposive sampling. Sampel penelitiannya
adalah kelas VII E dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas
VII F 22 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan
tes dan non tes.
Berdasarkan hasil analisis uji t dapat diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar
0,006<0,05, maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji independent
sample t-test, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang
artinya terdapat pengaruh penerapan model discovery learning terhadap
keterampilan proses sains pada topik Klasifikasi Materi dan Perubahannya pada
siswa kelas VII MTs Nahdlatuth Thalabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0303 Macromolecular and Materials Chemistry > 030301 Chemical Characterisation of Materials
03 CHEMICAL SCIENCES > 0303 Macromolecular and Materials Chemistry > 030307 Theory and Design of Materials
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Lubna Umi Labibah
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:24
Last Modified: 21 Jun 2022 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7613

Actions (login required)

View Item View Item