Putri, Wulandari (2022) Penerapan pendekatan saintifik materi pecahan desimal kelas IV MI Muhammadiyah 05 Cakru Tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI PUTRI AYU WULANDARI.pdf Download (21MB) |
Abstract
Solusi untuk memecahkan permasalahan proses pembelajaran matematika yakni dengan menerapkan berbagai model pembelajaran atau cara belajar secara bertahap, yang dilakukan secara langsung oleh siswa itu sendiri. Pendekatan saintifik dapat memfasilitasi siswa untuk melakukan penyelidikan dan penemuan sendiri. Selama pembelajaran guru harus merancang kegiatan yang memungkinkan siswa melakukan kegiatan penemuan didalam mengerjakan materi pelajaran yang diajarkan
Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada materi pecahan pada siswa kelas IV di MI Muhammadiyah 05 Cakru Tahun Pelajaran 2021/2022? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pendekatan saintifik materi pecahan Pada Siswa Kelas IV di Mi Muhammadiyah 05 Cakru Tahun Pelajaran 2021/2022? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan Penerapan pendekatan saintifik Pada materi pecahan Pada Siswa Kelas IV di Mi Muhammadiyah 05 Cakru Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pendekatan saintifik pada materi pecahan pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah 05 Cakru tahun pelajaran 2021/2022.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, meyajikan data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan datannya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Peneliti ini memperoleh kesimpulan 1) Pada tahap penerapan pendekatan saintifik materi pecahan di Mi Muhammadiyah 05 cakru adalah pembuatan sintak pendekatan saintifik diantaranya adalah; mengamati, menanya, mengeksperimen, mengasosiasi, mengkomunikasikan.kemudian dilanjutkan membuat RPP, adapun langkah-langkah dalam pembuatan RPP guru mengacu kepada silabus, program tahunan, program semester, dan kalender pendidikan yang ada di sekolah tersebut.2)faktor pendukung dan penghambat pendekatan saintifik materi pecahan Pada Siswa Kelas IV di Mi Muhammadiyah 05 Cakru Tahun Pelajaran 2021/2022 Dari hasil observasi , wawancara dan dokumentasi yang berkaitan, faktor pendukung nya adalah siswa berpartisapsi aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan memberikan wahana interaksi pembelajaran untuk mencapai tingkat kemampuan siswa yang tinggi, sedangkan faktor penghambatnya adalah memerlukan waktu yang cukup lama. Tidak semua siswa dapat mengikuti pelajaran dengan cara ini, dalam proses pembelajaran terkadang masih ada siswa yang pasif dalam melakukan kegiatan belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Putri Ayu Wulandari |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 07:34 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 07:34 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7614 |
Actions (login required)
View Item |