Pengaruh Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMPN 4 Muncar Tahun Pelajaran 2021/2022

Sari, Avita Permata (2022) Pengaruh Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMPN 4 Muncar Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
AVITA PERMATA SARI_T20187060.pdf

Download (5MB)

Abstract

Avita Permata Sari, 2022: Pengaruh Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMPN 4 Muncar Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci: Berpikir Kritis, Disposisi Matematis, Hasil Belajar.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh berpikir kritis yang sangat berkaitan erat dengan kemampuan kognitif dalam pembelajaran matematika. Guna lebih mendukung serta memaksimalkan berpikir kritis juga diperlukan aspek afektif. Salah satu aspek afektif yang bisa menguatkan berpikir kritis siswa ialah disposisi matematis.
Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan berpikir kritis, 2) Mendeskripsikan disposisi matematis, 3) Mendeskripsikan hasil belajar matematika, 4) Mengetahui pengaruh berpikir kritis dan disposisi matematis secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 4 Muncar Tahun Pelajaran 2021/2022, 5) Mengetahui pengaruh berpikir kritis dan disposisi matematis secara individu terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 4 Muncar Tahun Pelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di SMPN 4 Muncar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik cluster random sampling dan didapatkan 53 siswa sebagai sampel dari populasi 110 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, pada statistik inferensial menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Berpikir kritis siswa dengan kategori sangat tinggi sebanyak 18 siswa (34%), 30 siswa dengan kategori tinggi (57%), dan 5 siswa dengan kategori sedang (9%). 2) Disposisi maatematis siswa terdapat 1 siswa dengan kategori sangat tinggi (2%), 17 siswa dengan kategori tinggi (32%), 30 siswa dengan kategori sedang (57%), 4 siswa dengan kategori rendah (7%), dan 1 siswa dengan kategori sangat rendah (2%). 3) Hasil belajar matematika siswa terdapat 44 siswa dengan kategori tinggi (83%) dan 9 siswa dengan kategori sedang (17%). 4) Terdapat pengaruh yang signifikan berpikir kritis dan disposisi matematis secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 4 Muncar Tahun Pelajaran 2021/2022. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan berpikir kritis dan disposisi matematis secara individu terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 4 Muncar Tahun pelajaran 2021/2022. �

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Ms Avita Permata Sari
Date Deposited: 21 Jun 2022 08:43
Last Modified: 21 Jun 2022 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7618

Actions (login required)

View Item View Item