Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Yaqin Klungkung Sukorambi Jember

Ridho, Zainur (2022) Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Yaqin Klungkung Sukorambi Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zainur Ridho_T20183099.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Zainur Ridho, 2022: Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Yaqin Klungkung Sukorambi. Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah, Kinerja Guru. Kepala madrasah (sekolah) tidak hanya seorang guru, tetapi juga seorang guru yang memiliki kewajiban tambahan sebagai kepala pengelola lembaga. Dan merupakan komponen pendidikan yang memegang peranan paling penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Peran dan fungsi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru juga sangat penting. Fokus penelitian yang diteliti diantara: 1) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. 2) kendala-kendala strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dan untuk mendeskripsikan kendala-kendala strategi kepala madrasah dalm meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Yaqin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data dimulai dari tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun hasil dari penelitian ini diantaranya: 1) Strategi yang digunakan oleh kepala madrasah MTs Nurul Yaqin klungkung dalam meningkatkan kinerja guru yang ada disana yaitu menggunakan strategi kekeluargaan yang mana strategi ini merupakan bagian dari strategi fasilitatif. Kepala madrasah menjadikan guru-guru sebagai keluarga sendiri. Yang dilakukan oleh kepala madrasah yaitu mengadakan evaluasi rutin, pembinaan pendidik dengan cara diikutkan pelatihan, serta pengawasan langsung terhadap kinerja guru. 2) Dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Nurul Yaqin ada beberapa kendala yang dialami oleh kepla madrasah yaitu, latar belakang guru yang bukan dari pendidikan, sehingga berpengaruh terhadap pemahaman akan materi yang akan disampaikan. Faktor usia guru yang sudah tidak muda lagi sehingga kurang produktif untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam mengajarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email ridhozainur42@gmail.com
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:59
Last Modified: 21 Jun 2022 06:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7626

Actions (login required)

View Item View Item