Strategi internalisasi nilai spiritual dalam pembelajaran akidah akhlak terhadap siswa kelas IX di MTs Nurul Jadid Kota Mojokerto tahun pelajaran 2021-2022

Akhmad, Hanif Alwi Mufti (2022) Strategi internalisasi nilai spiritual dalam pembelajaran akidah akhlak terhadap siswa kelas IX di MTs Nurul Jadid Kota Mojokerto tahun pelajaran 2021-2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hanif Alwi Mufti Akhmad_T20171130.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nilai spiritual adalah teladan, komitmen, serta keyakinan yang didasari tradisi dari agama serta dapat menuntun manusia ke kebahagiaan rohaniyah serta memengaruhi cara berfikir dan bertingkah laku seseorang yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik itu terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya maupun kepada Tuhan, sesuai dengan butir pembukaan UUD alinea ke 4 yang berlandaskan dari Pancasila. Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jadid, guru mata pelajaran Akidah Akhlak menggunakan strategi keteladanan, strategi latihan dan pembiasaan, serta strategi pemberian nasihat dalam menginternalisasi nilai spiritual dalam pembelajaran Akidah Akhlak kepada siswa kelas IX.
Fokus penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana Strategi Internalisasi Keteladanan (Modelling) dalam pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Nilai Spiritual siswa kelas IX di MTs Nurul Jadid Kota Mojokerto? (2) Bagaimana Strategi Internalisasi Latihan dan Pembiasaan dalam pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Nilai Spiritual siswa kelas IX di MTs Nurul Jadid Kota Mojokerto? (3) Bagaimana Strategi Internalisasi Pemberian Nasihat dalam pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Nilai Spiritual siswa kelas IX di MTs Nurul Jadid Kota Mojokerto?.
Tujuan penelitian ini: (1) Mendeskripsikan Strategi Internalisasi Keteladanan (Modelling) dalam pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Nilai Spiritual siswa kelas IX di MTs Nurul Jadid Kota Mojokerto. (2) Mendeskripsikan Strategi Internalisasi Latihan dan Pembiasaan dalam pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Nilai Spiritual siswa kelas IX di MTs Nurul Jadid Kota Mojokerto. (3) Mendeskripsikan Strategi Internalisasi Pemberian Nasihat dalam pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Nilai Spiritual siswa kelas IX di MTs Nurul Jadid Kota Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, penentuan subyek penelitian menggunakan purposive, pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yaitu deskriptif kualitatif menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi teknik analisis data; Kondensasi data, Penyajian data, dan Kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) Strategi internalisasi keteladanan (Modelling): guru menjadi panutan yang baik bagi siswa mulai dari sifat, tutur kata, hingga dalam sikap religius yang ada di Madrasah. (2) Strategi internalisasi latihan dan pembiasaan dalam aspek religius seperti pembiasaan membaca sholawat thibbil Qulub dan membaca Al-Ikhlas 3 kali, dan sholat berjamaah. Guru menerapkan melalui tugas yang diberikan dalam materi pembelajaran. Siswa berperan aktif, memiliki inisiatif dalam pelaksanaan strategi. Guru memperlakukan sistem reward berupa nilai dan punishment berupa menulis istighfar sebanyak 50 kali atau membaca surah Yasin dan Al-Waqi’ah. (3) Strategi internalisasi pemberian nasihat: Guru memberi nasihat, nilai moral, dan hikmah dari materi pembelajaran. siswa dapat berinisiatif memberikan nasihat kepada temannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Internalisasi; Nilai Spiritual; Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanif Alwi Mufti Akhmad
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:21
Last Modified: 22 Jun 2022 04:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7632

Actions (login required)

View Item View Item