LISA, SATRYANA (2022) IMPLEMENTASI KEGIATAN UPGRADING KADER IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 RAMBIPUJI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH. AHCMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
LISA SATRYANA_T20161102.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Lisa Satryana, 2022. “Implementasi Kegiatan Upgrading Kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah Dalam Membentuk Karakter Di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Rambipuji Jember”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri KH. Achmad Shiddiq Jember.
Kata kunci: Kegiatan Upgrading, Kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Membentuk Karakter.
Penelitian ini mengkaji tentang kegiatan upgrading organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dalam membentuk karakter kepemimpinan kader IPM di SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji Jember. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan kegiatan upgrading Kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam membentuk karakter di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Rambipuji Jember dan (2) bagaimana evaluasi kegiatan upgrading Kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam membentuk karakter di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Rambipuji Jember. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan upgrading Kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam membentuk karakter di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Rambipuji Jember dan (2) untuk mendeskripsikan evaluasi kegiatan upgrading Kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam membentuk karakter di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Rambipuji Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian berupa field reseach (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu teori Miles Huberman dan Saldana, yaitu kondensasi, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan upgrading yang dilaksanakan oleh IPM memberikan pengaruh terhadap karakter kepemimpinan kader IPM. Dan evaluasi dalam kegiatan upgrading ini dilakukan dalam dua tahap yang pertama, evaluasi kegiatan dilakukan oleh tim fasilitator dan ketua pimpinan cabang ranting IPM terhadap proses berjalannya kegiatan, dilakukan dengan cara pengecekan secara bertahap dari awal kegiatan hingga berakhirnya kegiatan; kedua, evaluasi kegiatan yang dilakukan oleh panitia penyelenggara terhadap pencapaian peserta.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lisa Satryana Usman |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 06:54 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 06:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7651 |
Actions (login required)
View Item |