ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT (FD) DAN FIELD INDEPENDENT (FI) DALAM PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) SISWA KELAS VIII SMP MIFTAHUL FALAH MADURA

Hilwatut, Tilawah (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT (FD) DAN FIELD INDEPENDENT (FI) DALAM PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) SISWA KELAS VIII SMP MIFTAHUL FALAH MADURA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI HILWA WATERMARK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis sangat penting dimiliki untuk
memecahkan masalah, baik bagi siswa dengan karakteristik gaya kognitif FD
maupun siswa dengan karakteristik gaya kognitif FI. Matematika tidak hanya
menjadi alat berpikir yang membantu siswa untuk mengembangkan pola,
menyelesaikan masalah, dan menarik kesimpulan tetapi juga sebagai alat untuk
mengkomunikasikan pikiran, ide, dan gagasan. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa yang memiliki
gaya kognitif FD dan FI dalam pemecahan masalah SPLDV siswa kelas VIII SMP
Miftahul Falah Madura.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif dan teknik pengumpulan data: 1) Tes; 2) Wawancara; 3) Dokumentasi.
Analisis data pada penelitian ini merujuk pada Miles, Huberman, dan Saldana
yaitu: 1) Kondensasi Data; 2) Penyajian data; dan 3) Penarikan kesimpulan.
Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Siswa bergaya kognitif FD
memiliki kemampuan komunikasi matematis tertulis kurang baik atau berada pada
level 1. Hal ini dikarenakan subyek dengan gaya kognitif FD kurang mampu
dalam pemahaman ide awal matematis melalui tulisan dengan penjabaran yang
menggunakan bahasa sendiri, memakai simbol matematika dalam menyampaikan
ide matematis, menjabarkan ide matematis dalam bentuk tulisan secara benar,
serta menggambarkan ide matematisnya dalam bentuk grafik. 2) Siswa bergaya
kognitif FI dengan kode S3 memiliki kemampuan komunikasi matematis tertulis
baik atau berada pada level 3 dikarenakan subyek baik dalam memahami ide awal
matematis melalui tulisan dengan penjabaran yang menggunakan bahasa sendiri,
memakai simbol matematika dalam menyampaikan ide matematisnya, menjawab
soal dalam bentuk tulisan dengan benar tetapi tidak runtut, serta menyajikan
jawaban dalam bentuk grafik tetapi salah meskipun keterangan-keterangannya
benar. Sedangkan siswa bergaya kognitif FI dengan kode S4 termasuk dalam
kategori level 2 dikarenakan subyek cukup mampu dalam pemahaman ide awal
matematis melalui tulisan dengan penjabaran yang menggunakan bahasa sendiri,
memakai simbol matematika dalam menyampaikan ide matematis, menjabarkan
ide matematis dalam bentuk tulisan secara benar, serta dalam menggambarkan ide
matematisnya dalam bentuk grafik.
Kata Kunci: komunikasi matematis tertulis, gaya kognitif FD dan FI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0301 Analytical Chemistry > 030101 Analytical Spectrometry
03 CHEMICAL SCIENCES > 0301 Analytical Chemistry > 030199 Analytical Chemistry not elsewhere classified
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1901 Art Theory and Criticism > 190199 Art Theory and Criticism not elsewhere classified
Depositing User: Mrs Hilwatut Tilawah
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:12
Last Modified: 22 Jun 2022 04:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7652

Actions (login required)

View Item View Item