Analisis Implementasi E-Banking Pada Produk Tabungan di PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Jember.

Kholili, - (2021) Analisis Implementasi E-Banking Pada Produk Tabungan di PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Perbankan Syariah.

[img] Text
KHOLILI_E20171108.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kholili, M. Saiful Anam, M. Ag, 2021: Analisis Implementasi E-Banking Pada Produk Tabungan di PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Jember. Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan lembaga keuangan turut serta dalam pemanfaatannya, seperti pemanfaatan Electronik Banking (E-banking). Banyak lembaga keuangan seperti lembaga perbankan menggunakan E-banking sebagai sarana pendukung operasional untuk memberikan kemudahan kepada nasabah dalam melakukan transaksi keuangan. Contohnya Bank BRI yang memberikan fasilitas Iayanan E-banking kepada nasabahnya, seperti, Ibanking, M-banking, Sms-banking dan ATM. Sebagian nasabah masih banyak yang belum mengetahui fasilitas yang terdapat pada bank BRI seperti produk tabungan yang menggunakan E-banking atau yang tidak dapat menggunakan E-banking serta dampak dan kendala dalam pengimplementasian E-banking. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana implementasi E-bangking pada produk tabungan di Bank BRI Kantor Cabang Jember? 2) Apa saja kendala implementasi E-banking pada produk tabungan di Banbk BRI Kantor Cabang Jember? 3) Apa saja dampak positif dan negatif implementasi E-banking pada produk tabungan di Bank BRI kantor cabang Jember?. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) Implementasi Ebanking pada produk tabungan di Bank BRI Kantor Cabang Jember. 2) Untuk Mengetahui apa saja kendala implementasi E-banking pada produk tabungan di Bank BRI Kantor Cabang Jember. 3) Untuk mengetahui dampak positif dan negatif implementasi E-banking pada produk tabungan di Bank BRI Kantor Cabang Jember. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Jember. Semua data-data tersebut dianalisis menggunakan metode kualitatif yang kemudian dianalisis secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa implementasi E-banking pada produk tabungan di bank BRI Cabang Jember yaitu: 1) terdapat beberapa produk tabungan yang menggunakan E-banking di bank BRI cabang Jember, seperti tabungan Britama dan simpedes. 2) kendala implementasi E-banking pada produk tabungan di bank BRI cabang Jember yaitu nasabah belum menggunakan handphone android sehingga tidak bisa support aplikasi E-banking BRI, diawal registrasi pendaftaran nasabah tidak memiliki pulsa yang cukup, dan telat menerima kode OTP. 3) Dampak positif implementasi E-banking pada produk tabungan salah satunya mengurangi jumlah antrian di kantor unit kerja. Dampak negatifnya rawan pencurian data pribadi jika nasabah teledor dalam penggunaannya. Kata Kunci : implementasi e-banking, produk tabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:09
Last Modified: 22 Jun 2022 04:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7660

Actions (login required)

View Item View Item