Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA Di MAN Lumajang Tahun Ajaran 2020/2021

Hannah, Kholifatul (2021) Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA Di MAN Lumajang Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Kholifatul Hannah_T20178056.pdf

Download (3MB)

Abstract

Era digital merupakan era dimana semakin pesatnya perkembangan dan persaingan teknologi di dunia, terutama dunia pendidikan. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran adalah dengan memanfaatkan e-learning. Dengan E-Learning siswa dapat mempelajari materi bahan ajar yang dapat divisualisasikan dalam berbagai format atau bentuk yang lebih dinamis dan interaktif atau siswa akan termotivasi untuk terlibat lebih jauh dalam proses pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana penggunaan e-learning di MAN Lumajang?, (2) bagaimana pengaruh penggunaan e-learning terhadap hasil belajar Biologi kelas XI IPA di MAN Lumajang tahun ajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penggunaan E-Learning mata pelajaran Biologi kelas XI IPA di MAN Lumajang tahun ajaran 2020/2021, (2) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan E-Learning terhadap hasil belajar Biologi kelas XI IPA di MAN Lumajang tahun ajaran 2020/2021.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, instrument yang digunakan berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN Lumajang Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 124 siswa dengan mengambil sampel 55 dari populasi siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Frekuensi penggunaan e-learning di MAN Lumajang dinyatakan dalam kategori tinggi yaitu sebesar 56%. (2) Penggunaan e-learning tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA MAN Lumajang. Karena diperoleh thitung (-0.126) < ttabel (2.00575) dan nilai signifikansi (0.901) > (0.05) yang artinya bahwa H0 diterima, maka penggunaan e-learning tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA MAN Lumajang.
Kata Kunci : Penggunaan E-Learning; Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Kholifatul Kholif Kholif
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:29
Last Modified: 22 Jun 2022 07:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7666

Actions (login required)

View Item View Item