Penguatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Menghadapi Tantangan Radikalisme Terhadap Civitas Akademika Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

zubaidi, zubaidi (2022) Penguatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Menghadapi Tantangan Radikalisme Terhadap Civitas Akademika Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ZUBAIDI 203206030052 PASCA PAI.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

ZUBAIDI, 203206030052; Penguatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Menghadapi Tantangan Radikalisme Terhadap Civitas Akademika Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Kata Kunci: Moderasi Beragama, Radikalisme
Konsistensi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Acmad Siddik Jember dalam memupuk Islam moderat ditengah Trend Issue tantang intoleransi radikalisme kini semakin meningkat dari tahun ke tahun bahkan survei yang dilakukan Wahid Institute ada sekitar 0,4% jiwa warga negara Indonesia (WNI) yang pernah melakukan tindakan radikal. Selain itu terkikisnya nilai-nilai toleransi, persaudaraan, kesetaraan, dan kerukunan, sikap fanatic berlebihan dalam firqah (golongan) seringkali mumenimbulkan konflik horizontal antar sesama. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember konsisten dalam penguatan islam moderat dalam penanganannya menghadapi tantangan radikalisme, intolaransi dan terorisme.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis desain kurikulum, Sumber Daya Manusia (SDM), dan Desain Kelembagaan penguatan nilai-nilai moderasi beragama dalam menghadapi tantangan radikalisme terhadap Civitas Akademika UIN KH Achmad Siddiq Jember sacara terperinci dan jelas. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Cara pengumpulan datanya dengan melalui proses indepth interview, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Analisis datanya menggunakan Miles dan huberman & saldana yakni kondensasi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan untuk menjamin keabsahan datanya peneliti menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. kreadibilitas (credibility), keteralihan (transferability), ketergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability).
Hasil dari penelitian ini yaitu mengungkapkan bahwa Desain kurikulum penguatan nilai-nilai moderasi beragama dalam menghadapi tantangan radikalisme dilakukan dengan insersi kurikulum dan integrasi kelimuan. Desain Sumber Daya Manusia (SDM) nya dilakukan dengan menyelenggarakan berbagai program baik itu berbentuk pendidikan, pelatihan, seminar, workshop dan pembekalan yang diberikan materi khusus tentang nilai-nilai moderasi beragama. Desain kelembagaan didesain dengan mendirikan lembaga yang berintegrasi yakni “Rumah Moderasi Beragama”, Ma’had Al Jami’ah dan Lembaga Pusat Studi Kepesantrenan, yang semuanya terpacu dalam menguatkan moderasi beragama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160701 Clinical Social Work Practice
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: zubaidi zubaidi zubaidi
Date Deposited: 22 Jun 2022 08:04
Last Modified: 22 Jun 2022 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7669

Actions (login required)

View Item View Item