”. Analisis Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP) dalam Pemasaran Produk Pembiayaan Serbaguna pada Masa Pandemi di BPRS Bhakti Sumekar Jember.”

Dina Rifqi Banati., - (2021) ”. Analisis Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP) dalam Pemasaran Produk Pembiayaan Serbaguna pada Masa Pandemi di BPRS Bhakti Sumekar Jember.”. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah.

[img] Text
DINA RIFQI BANATI_E20161015.pdf

Download (9MB)

Abstract

Dina Rifqi Banati. “Hikmatul Hasanah, S.E.I.,M.E”. Analisis Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP) dalam Pemasaran Produk Pembiayaan Serbaguna pada Masa Pandemi di BPRS Bhakti Sumekar Jember.” Adanya perubahan dari segi perekonomian dan banyaknya pesaing telah mengubah perbankan-perbankan dalam melayani pasarnya. Dalam bertahan pada kondisi pandemi Covid-19 dan mampu bersaing tidak hanya sebatas menyusun strategi marketing mix, namun lebih dari hal itu, yaitu perlu dilakukannya strategi dengan menentukan segmentasi, targeting, positioning dan proses untuk menyalurkan pembiayaan serbaguna yang diinginkan oleh BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember. Fokus penelitian adalah : 1. Bagaimana penentuan segmentasi pasar pada produk pembiayaan Serbaguna di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember pada masa pandemi? 2. Bagaimana penentuan targeting pasar pada produk pembiayaan Serbaguna di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember pada masa pandemi? 3. Bagaimana positioning produk pembiayaan Serbaguna berdasarkan persepsi dan preferensi nasabah BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember pada masa pandemi? 4. Bagaimana proses penyaluran pada produk pembiayaan Serbaguna di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember? Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan : 1. Untuk mengetahui penentuan segmentasi pasar pada produk pembiayaan Serbaguna dimasa pandemi yang dilakukan oleh BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember, 2. Untuk mengetahui BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember dalam menentukan targeting pasar pada produk pembiayaan Serbaguna dimasa pandemi, 3. Untuk mengetahui posisi produk pada pembiayaan Serbaguna terhadap nasabah pada masa pandemi di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember, 4. Untuk mengetahui proses penyaluran pada produk pembiayaan Serbaguna di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif, menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, interview, dan documenter. Data yang didapat dianalisa menggunakan metode kualitatif yang bersifat induktif, keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan :1. penentuan segmentasi pasar dikelompokkan berdasarkan segmen demografis pekerjaan, 2. penentuan targeting pasar yang dipilih berupa terkonsentrasi pada satu segmen, 3. diposisikan sebagai solusi pemenuhan kebutuhan konsumtif untuk pegawai negeri dan swasta, 4. proses penyaluran pembiayaan serbaguna di BPRS Bhakti Sumekar Jember dilakukan sesuai dengan pedoman penyaluran pembiayaan syari’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:22
Last Modified: 22 Jun 2022 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7683

Actions (login required)

View Item View Item