Pengaruh Lingkungan dan Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII di MTs Bustanul Ulum Bulugading Jember Putri Tahun Pelajaran 2021/2022

Soleha, Roudatus (2022) Pengaruh Lingkungan dan Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII di MTs Bustanul Ulum Bulugading Jember Putri Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ROUDHOH watermark (1)-2.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar matematika peserta didik, diantaranya adalah lingkungan dan kedisiplinan belajar. Lingkungan belajar merupakan wilayah di mana peserta didik melakukan aktivitas belajarnya, sedangkan kedisiplinan belajar merupakan sikap taat, teratur, dan perhatian terhadap belajarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan lingkungan belajar peserta didik kelas VIII di MTs Bustanul Ulum Bulugading Jember Putri Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan kedisiplinan belajar peserta didik kelas VIII di MTs Bustanul Ulum Bulugading Jember Putri Tahun Pelajaran 2021/2022. 3) Mendeskripsikan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di MTs Bustanul Ulum Bulugading Jember Putri Tahun Pelajaran 2021/2022. 4) Mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di MTs Bustanul Ulum Bulugading Jember Putri tahun pelajaran 2021/2022. 5) Mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di MTs Bustanul Ulum Bulugading Jember Putri tahun pelajaran 2021/2022. 6) Mengetahui pengaruh lingkungan dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di MTs Bustanul Ulum Bulugading Jember Putri tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan cluster sampling dengan jumlah sampel 52 dari 108 peserta didik. Teknik pengumpulan datanya berupa angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Lingkungan belajar peserta didik terdapat 4 orang dengan kategori sangat mendukung 7,7%, 40 orang dengan kategori mendukung 76,9%, dan 8 orang dengan kategori cukup mendukung 15,4%. 2) Kedisiplinan belajar peserta didik terdapat 5 orang dengan kategori sangat tinggi 9,6%, 31 orang dengan kategori tinggi 59,6%, dan 16 orang dengan kategori sedang 30,8%. 3) Hasil belajar peserta didik terdapat 32 orang dengan kategori sangat tinggi 61,5% dan 20 orang dengan kategori tinggi 38,5%. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan dari lingkungan belajar terhadap hasil belajar dengan perolehan nilai thitung 4,751 ≥ ttabel 2,009. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan dari kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar dengan perolehan nilai thitung 2,037 ≥ ttabel 2,009. 6) Terdapat pengaruh yang signifikan dari lingkungan dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar secara bersama-sama dengan perolehan nilai Fhitung 27,436 ≥ Ftabel 3,18.

Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Miss Roudatus Soleha
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:36
Last Modified: 27 Jun 2022 01:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7707

Actions (login required)

View Item View Item