Mustofa, Ahmad Soleh (2022) Penerapan Metode Murottal Irama Qur'an (Muri-Q) Dalam Menghafal Surat-Surat Pendek Di MTS Miftahul Ulum Rambipuji Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
AHMAD SOLEH MUSTOFA .pdf Download (2MB) |
Abstract
Ahmad Soleh Mustofa, 2022. Penerapan Metode Murottal Irama Qur’an (Muri-Q) Dalam Menghafal Surat-Surat Pendek Di MTs Miftahul Ulum Rambipuji Tahun Ajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Hafalan Surat Pendek, Metode Murottal Irama Qur’an (Muri-Q), MTs Miftahul Ulum Rambipuji
Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi manusia yang dijadikan sumber didalam menjalani kehidupan. Melestarikan Al-Qur’an adalah tanggung jawab semua umat muslim, melestarikan Al-Qur’an dapat dilakukan dengan membaca, menghafal dan memahami maknanya. Dalam menghafal Al-Qur’an membutuhan metode yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, salah satu metode yang dapat mempermudah peserta didik dalam menghafal surat-surat pendek yaitu Metode Muri-Q. Murottal Irama Qur’an (Muri-Q) adalah salah satu metode dalam menghafal Al-Qur’an dengan lantunan irama murottal yang disesuiakan dengan Tajwid dan Tahsin.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Penerapan Metode Muri-Q Terhadap Hafalan Peserta Didik di MTs Miftahul Ulum Rambipuji Jember Tahun Ajaran 2021/2022...? 2)Apa faktor-faktor yang mendukung dan menghambat peserta didik dalam proses menghafal Al-Qur’an di MTs Miftahul Ulum Tahun Ajaran 2021/2022...?
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan Metode Muri-Q dalam menghafal surat-surat pendek di MTs Miftahul Ulum Rambipuji dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal Al-Qur’an.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reseach). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini ada dua macam: 1) Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi teknik. Dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Milles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan surat-surat pendek menggunakan Metode Muri-Q terbagi dalam tiga kegiatan, antara lain: kegiatan pembukaan meliputi: berdoa bersama sebe lum memulai menghafal. kegiatan inti meliputi: murajaah, hafalan dan setoran. Kegiatan penutup diakhiri dengan do’a dan evaluasi. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal Al-Qur’an antara lain: faktor pendukung meliputi: metode, sarana dan prasarana, target dan pengajar. Faktor penghambat meliputi: kemampuan, ayat yang serupa, lingkungan dan orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mahasiswa AHMAD SOLEH MUSTOFA |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 04:48 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 04:48 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7715 |
Actions (login required)
View Item |