Pengaruh Pengetahuan Tentang Produk, Persepsi Tentang Halal, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Keputusan Menjadi Nasabah Sebagai Variabel Antara Pada Nasabah Cicil Emas Di Bank Mandiri Syariah Bondowoso.

Yeni Dwi Wulandari, - (2021) Pengaruh Pengetahuan Tentang Produk, Persepsi Tentang Halal, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Keputusan Menjadi Nasabah Sebagai Variabel Antara Pada Nasabah Cicil Emas Di Bank Mandiri Syariah Bondowoso. Undergraduate thesis, Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana UIN KHAS Jember.

[img] Text
Yeni Dwi Wulandari_0839219032.pdf

Download (45MB)

Abstract

Wulandari, Yeni Dwi, 2021. Pengaruh Pengetahuan Tentang Produk, Persepsi Tentang Halal, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Keputusan Menjadi Nasabah Sebagai Variabel Antara Pada Nasabah Cicil Emas Di Bank Mandiri Syariah Bondowoso. Pembimbing I: Dr. Khamdan Rifa’I, S.E., M.Si. Pembimbing II: Dr. Nurul Widyawati IR, S.Sos, M.Si. Kata Kunci: Pengetahuan tentang Produk, Persepsi tentang Halal, Kualitas Layanan, Loyalitas Nasabah, Keputusan menjadi Nasabah Investasi dapat dilakukan dengan banyak cara, seperti investasi pada Pasar Modal yang di dalamnya terdapat surat berharga seperti saham, reksadana, obligasi, serta surat berharga lainnya. Adapula investasi lain berupa deposito, investasi pada valuta asing seperti dollar, dan telah muncul pula adanya investasi melalui logam mulia seperti emas. Cicil Emas adalah salah satu produk fasilitas pembiayaan dengan akad murabahah yang disediakan oleh Bank Syariah Mandiri untuk membantu nasabah membiayai pembelian atau kepemilikan emas berupa emas batangan/ lantakan/ logam mulia. Selama ini, produk cicil emas di Bank Syariah Mandiri Bondowoso masih kurang diminati oleh masyarakat selain karena produk ini mengharuskan nasabah untuk membayar DP 10% juga masyarakat masih belum memahami pentingnya investasi, pengetahuan dalam pemahaman produk dan persepsi kehalalan akan produk cicil emas masih menjadi pertanyaan sebagian masyarakat. Permasalahan yang diuraikan dalam penelitian ini ialah apakah terdapat pengaruh antara Pengetahuan tentang Produk (X1), Persepsi tentang Halal (X2), Kualitas Layanan (X3), terhadap Keputusan Menjadi Nasabah (Z), dan apakah terdapat pengaruh Pengetahuan tentang Produk (X1), Persepsi tentang Halal (X2), Kualitas Layanan (X3), dan Keputusan Menjadi Nasabah (Z), terhadap Loyalitas Nasabah (Y1). Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research, penelitian yang bertujuan untuk menganalisis hubungan-hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability Sampling jenis Sampling jenuh sejumlah 60 orang nasabah cicil emas di Bank Syariah Mandiri Bondowoso. Pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara dan studi dokumen.Analisis yang dilakukan menggunakan Analisis Regresi yang dikembangkan dengan Path Analisis (Analisis Jalur). Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan software Statistical Package for the Sciences (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengetahuan tentang produk tidak berpengaruh yang signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah, 2) Persepsi tentang halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah, 3) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah; 4) Pengetahuan tentang produk tidak berpengaruh yang signifikan terhadap loyalitas menjadi nasabah, 5) Persepsi tentang halal berpengaruh signifikan terhadap loyalitas menjadi nasabah, 6) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas menjadi nasabah, 7) Keputusan menjadi nasabah berpengaruh yang signifikan terhadap loyalitas menjadi nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:20
Last Modified: 23 Jun 2022 03:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7730

Actions (login required)

View Item View Item