PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KITAB AQIDATUL AWWAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 SONGGON BANYUWANGI

Nafisah, Durrotun (2022) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KITAB AQIDATUL AWWAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 SONGGON BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Durrotun Nafisah_T20181471.pdf

Download (3MB)

Abstract

Durrotun Nafisah, 2022: Penerapan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Kitab Aqidatul Awwam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Songgon Banyuwangi
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran Kitab Aqidatul Awwam.
Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) ialah salah satu cara guru agar siswa dapat mengaitkan antara materi dengan pengalaman yang dimilikinya dan dapat interaktif dalam kelas. Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Kitab Aqidatul Awwam dapat memberikan dampak yang baik untuk siswa karena mereka dapat mengaitkan antara sifat-sifat Allah dengan kehidupan sosial. Selain itu, Kitab Aqidatul Awwam dapat disajikan dengan mudah dengan konkrit dalam pembelajaran. Padahal, biasanya Kitab Aqidatul Awwam atau tauhid itu abstrak. Fokus penelitian dalam skripsi ini, ialah: 1) Bagaimana implementasi Contextual Teaching and Learning dalam mempelajari kitab aqidatul awwam di SMP Negeri 02
Songgon? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat penerapan Contextual Teaching and Learning dalam mempelajari kitab aqidatul awwam di SMP Negeri 02 Songgon ? Dan tujuan penelitian ini diantaranya ialah untuk 1) Menemukan implementasi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam mempelajari kitab aqidatul awwam di SMP Negeri 02 Songgon. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan Contextual Teaching and Learning dalam mempelajari kitab aqidatul awwam di SMP Negeri 02 Songgon. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yakni studi kasus. Adapun informan kunci yang diambil dari teknik purposive sampling. Dan teknik pengumpulan data ialah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan teknik analisis data ialah menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Juga, teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini, yakni: 1) Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam mempelajari kitab aqidatul awwam di SMP Negeri 02 Songgon dengan dengan metode example non examples dengan beberapa tahapan. Pertama, guru mengartikan
kitab dan meminta setiap siswa untuk menghafal nadzam, minimal 4 nadzam aqidatul awwam. Lalu, guru menyiapkan gambar terkait ilmu sosial seperti seseorang yang berdagang yang dapat dikaitkan dengan materi tauhid. Dan siswa disuruh untuk menganalisis permasalahan tersebut. Kemudian, siswa membuat kelompok 3 sampai 4 orang untuk berdiskusi yang dicatat pada kertas. Lalu, tiap kelompok membacakan atau
presentasi hasil diskusinya. Dan guru memberi komentar dan menjelaskan materi tersebut sesuai dengan tujuan pembelajaran. 2) Faktor pendukung dan penghambat Contextual Teaching and Learning dalam Mempelajari Kitab Aqidatul Awam di SMP Negeri 02 Songgon yakni aspek guru, aspek siswa, dan aspek sarana dan prasarana yang menjadi aspek yang fundamental dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Durrotun Nafisah
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:29
Last Modified: 23 Jun 2022 03:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7732

Actions (login required)

View Item View Item