Strategi Pengelolaan Dana Zakat Produktif di BAZNAS Bondowoso.

Mochammad Fadhoil, - (2021) Strategi Pengelolaan Dana Zakat Produktif di BAZNAS Bondowoso. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Manajemen Zakat Wakaf.

[img] Text
Mochammad Fadhoil_S20165025.pdf

Download (5MB)

Abstract

Mochammad Fadhoil, Dr. Abdul Rokhim, S.Ag., M.E.I, 2020: Strategi Pengelolaan Dana Zakat Produktif di BAZNAS Bondowoso. Secara bahasa, zakat berarti tumbuh (numuww) dan bertambah (ziyadah). Jika di ucapkan, zaka al-zar’, artinya adalah tanaman itu tumbuh dan bertambah.Jika diucapkan zakat al-nafaqah, artinya nafkah tumbuh dan bertambahjika diberkati. Kata ini juga sering dikemukakan untuk makna thaharah (suci). Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwasanya pendayagunaan harta zakat secara umum dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu pendayagunaan harta zakat dalam bentuk konsumtif dan produktif-berdayaguna. Fokus masalah yang diteliti adalah: 1) Bagaimana pengelolaan zakat produktif di BAZNAS Bondowoso?, 2) Apa saja kendala dalam pengelolaan dana zakat produktif di BAZNAS Bondowoso?, 3) Apa saja solusi untuk mengatasi kendala yang terjadi dalam pengelolaan zakat produktif di BAZNAS Bondowoso? Tujuan dalam penelitian ini: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengelolaan dana zakat pada BAZNAS Bondowoso, 2) Untuk mengetahui kendala yang terjadi dalam pengelolaan dana zakat produtif, 3) Untuk mengetahui cara mengatasi jika ada masalah yang terjadi dalam pengelolaan dana zakat produktif di BAZNAS Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan, teknik sampel yang di pilih yaitu purposive, yaitu memilih seorang yang dianggap paling tau tentang data tersebut, sedangkan dalam pengeumpulan data yaitu menggunakan observasi, inreview dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu trianggulasi sumber. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di BAZNAS Bondowoso, menyimpulkan bahwa (1) Dalam meningkatkan jumlah zakat infaq dan shadaqah BAZNAS Bondowoso memilki beberap strategi diantaranya yaitu menggunakan istilah 4P, yaitu promosi (promosi), harga (price), produk (produk), tempat (place). Sedangkan dalam pendistribusian hal yang dilakukan oleh BAZNAS Bondowoso, yaitu menggunakan produktif konvensional dimana BAZNAS memberikan bantuan barang, dan mustahik memanfatkan barang tersebut untuk menciptakan lapangan tersendiri (2) Terdapat kendala yang terjadi dalam proses pengelolaan dana zakat produktif yang dilakukan oleh BAZNAS Bondowoso diantaranya adalah: penghimpunan dalam penghimpunan kendala yang terjadi yaitu dalam marketing dimana dalam penghimpunan baik itu bersifat online maupun oflline kendala yang terjadi yaitu masyarakat tidak semua peduli terhadap zakat, dan dukungan pemerintah kurang dalam hal pengelolaan zakat (3) Dalam segi penghimpunan solusi untuk mengatasi kendala yang terjadi yaitu dengan cara pihak BAZNAS selalu berupaya untuk menyadarkan para masyarakat dengan promosi yang baik sehingga masyarakat sadar dengan pentingnya zakat. BAZNAS juga selalu berupaya minta dukungan pemerintah setempat, agar pemerintah juga membantu dengan mengeluarkan kebijakan daerah. Kata kunci: zakat produktif, strategi pemasaran, penghimpunan, dan pendistribusian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:18
Last Modified: 23 Jun 2022 03:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7738

Actions (login required)

View Item View Item