Pengaruh penerapan keterampilan reinforcement guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ips di SMPN 2 jenggawah pasca covid '19

istiqomah, nia (2022) Pengaruh penerapan keterampilan reinforcement guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ips di SMPN 2 jenggawah pasca covid '19. Undergraduate thesis, universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
SKRIPSI Nia Istiqomah tadris IPS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nia Istiqomah, 2022 : Pengaruh Penerapan Keterampilan Reinforcement Guru tehadap
Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Jenggawah.
Kata Kunci : reinforcement, dan motivasi belajar

Pemberian penguatan diharapkan siswa akan termotivasi dalam belajar. Siswa belajar
membutuhkan motivasi, tujuannya untuk mendorong siswa agar mau belajar untuk mencapai
tujuan yang diinginkan yaitu prestasi belajar yang baik. Menerapkan keterampilan penguatan
(Reinforcement) terhadap motivasi belajar siswa agar dapat membantu kemudahan kepada
peserta didik. Penerapan keterampilan Reinforcement guru dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa di SMPN 2 Jenggawah tersebut yaitu guru memberikan penerapan keterampilan
reinforcement kepada siswa agar mereka mempunyai daya rangsang untuk termotivasi dalam
belajar. Bentuk keterampilan reinforcement dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
yang diberikan ialah dalam bentuk Verbal Reinforcement, Gesture Reinforcement, Proximity
Reinforcement, Contact Reinforcement dan Activity Reinforcement dalam proses
pembelajaran berlangusng yang dilakukan guru terhadap siswanya.

Fokus Penelitian ini yaitu (1) Bagaimana keterampilan guru dalam mata pelajaran IPS
memberikan reinforcement terhadap peserta didik di SMPN 2 Jenggawah. (2) Bagaimana
motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Jenggawah. (3) Apakah
terdapat pengaruh keterampilan guru memberikan reinforcement terhadap motivasi belajar
peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Jenggawah.

Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui keterampilan guru dalam mata
pelajaran IPS memberikan reinforcement terhadap peserta didik di SMPN 2 Jenggawah. (2)
untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMPN 2
Jenggawah. (3) untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru memberikan reinforcement
terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Jenggawah.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan
jenis penelitian Ex Post Facto, teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, wawancara
dan angket. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah corelasi product moment
dengan persamaan linier sederhana.

Hasil dari penelitian ini adalah Hasil yang diperoleh dari uji Independent Sample Ttest menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) 0,005, hal ini menunjukkan bahwa nilai Sig (2-
tailed) < 0,05 sehingga hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.
Artinya: terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh penarapan keterampilan
Reinforcement guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 2
Jenggawah Pasca Covid’19. Dengan ditolaknya H0 dan diterimanya Ha maka penelitian ini
dapat membuktikan kebenaran hipotesis yaitu terdapat pengaruh penarapan keterampilan
Reinforcement guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 2
Jenggawah Pasca Covid’19

Kesimpulan berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis peneliti dapat
dismipulkan bahwa peneliti ini terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan
keterampilan Reinforcement terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di
SMPN 2 Jenggawah Pasca Covid’19. Jadi penerapan keterampilan reinforcement guru dapat
menigkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS. Dengan ditolaknya
H0 dan diterimanya Ha maka penelitian ini dapat membuktikan kebenaran hipotesis yaitu
terdapat pengaruh penarapan keterampilan Reinforcement guru terhadap motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Jenggawah Pasca Covid’19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pengaruh penerapan keterampilan reinforcement guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ips di SMPN 2 jenggawah pasca covid '19
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : reinforcement, dan motivasi belajar
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Nia Istiqomah
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:42
Last Modified: 23 Jun 2022 06:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7742

Actions (login required)

View Item View Item