Model Komunikasi Interpersonal Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Mengembangkan Karakter Religius Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember.

Yuni Puspitalia, - (2021) Model Komunikasi Interpersonal Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Mengembangkan Karakter Religius Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember. Undergraduate thesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN KHAS Jember.

[img] Text
YUNI PUSPITALIA_0849317053.pdf

Download (8MB)

Abstract

Yuni Puspitalia.2021.Model Komunikasi Interpersonal Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Mengembangkan Karakter Religius Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember.Tesis.Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Moh. Sutomo, M.Pd., Pembimbing II: Dr. H. Saihan, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci: Model Komunikasi, Komunikasi Interpersonal Proses mengarahkan siswa sampai menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia tidak hanya mengendalikan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang waktunya terbatas, tetapi perlu juga pembiasan secara terus-menerus dan berkelanjutan di luar jam pelajaran Pendidikan Agama Islam, baik di dalam kelas, di luar kelas, maupun di luar sekolah. Bahkan, diperlukan pula kerjasama yang harmonis dan interaktif di antara para warga sekolah dan para tenaga kependidikan yang ada di dalamnya. Dari sini komunikasi interpersonal guru Pendidikan Agama Islam sangat diperlukan dalam mengembangkan karakter religius siswa. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana model komunikasi interpersonal guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan karakter jujur siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember?, dan 2) Bagaimana model komunikasi interpersonal guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan karakter disiplin siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dan Saldana (koleksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Model komunikasi interpersonal guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan karakter jujur siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember yaitu menggunakan model multiple-person dan model interaktif. 2) Model komunikasi interpersonal guru dalam pemelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan karakter disiplin siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember yaitu menggunakan model interaktif dan model person to group

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:18
Last Modified: 23 Jun 2022 03:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7743

Actions (login required)

View Item View Item