Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menurut Polya Di SMA As-Saifiyah Syafi'iyah Kelas XI Tahun Ajaran 2021/2022

Sofiatul, Azizah (2022) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menurut Polya Di SMA As-Saifiyah Syafi'iyah Kelas XI Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WATERMAK FIKS SOFIATUL.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran yang perlu dicapai pada suatu proses pembelajaran matematika. Karena pada dasarnya dalam mempelajari matematika kita tidak akan terlepas dari yang namanya masalah (problem). Berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diterapkan dalam menyelesaikan soal-soal yang berorientasi pada kehidupan nyata, maka salah satu pendekatan pembelajaran yang cocok adalah pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning).Adapun penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan skor kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol di SMA As-Saifiyah Syafiiyah 2) mendeskripsikan skor kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen di SMA As-Saifiyah Syafiiyah 3) mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menurut polya di SMA As-Saifiyah Syafiiyah.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design dan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial, dimana dalam analisis inferensial ini dilakukan uji prasyarat analisis (uji normalitas, uji homogenitas), dan uji hipotesis dengan uji-t.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Skor kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan pembelajaran biasa pada pokok bahasan integral diperoleh nilai maksimum 56, nilai minimum 28, skor rata-rata 45,53, standard deviasi 10, dan varians 100,12. 2) Skor kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah (PBL) pada pokok bahasan integral diperoleh nilai maksimum 80, nilai minimum 50, skor rata-rata 65,97, standard deviasi 10,95, dan varians 119,9. 3) Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji-t dapat dilihat bahwa thitung=7,545 dan ttabel=2,002 pada taraf signifikan 5% atau thitung>ttabel (7,545>2,002) artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran biasa. Hal ini juga dapat kita lihat dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menunjukkan bahwa 65,97>45,53 atau rata-rata nilai posttest kelas Eksperimen lebih besar daripada rata-rata nilai posttest kelas kontrol, sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menurut Polya di SMA As-Saifiyah Syafiiyah Kelas XI Tahun Ajaran 2021/2022.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010405 Statistical Theory
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Depositing User: Nona Sofiatul Azizah
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:55
Last Modified: 23 Jun 2022 04:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7748

Actions (login required)

View Item View Item