Aryani, Rizka Dwi (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline dan Efektivitas Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP “Plus” Darus Sholah Jember. Masters thesis, UIN KH. Achmad Shiddiq Jember.
Text
Rizka Dwi Aryani (1).pdf Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK
Rizka Dwi Aryani. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bebasis Articulate Storyline dan Efektivitas Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP “Plus” Darus Sholah Jember. Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing I: Prof. Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I. Pembimbing II: Dr. Andi Suhardi, M.Pd.
Kata Kunci: Pengembangan , Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Efektivitas Hasil Belajar
Media pembelajaran yang bersifat interaktif akan membantu keefektifan penyerapan materi dan isi pesan dari proses pembelajaran oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang efektif dan menarik. Media yang dikembangkan menggunakan software Articulate Storyline serta digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi terkait sejarah Islam di SMP “Plus” Darus Sholah.
Rumusan masalah penelitian ini adalah; 1) Bagaimana validitas media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline berdasarkan penilaian ahli media pembelajaran, ahli materi, ahli bahasa dan ahli pembelajaran pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti? 2) Bagaimana respon siswa terhadap keterbacaan dan kemenarikan media pembelajaran interaktif berbasis Articulae Storyline dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti? 3) Bagaimana tingkat keefektifan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti setelah penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline ?
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mendeskripsikan validitas media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline berdasarkan penilaian ahli media pembelajaran, ahli materi, ahli bahasa dan ahli pembelajaran pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti; 2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap keterbacaan dan kemenarikan media pembelajaran interaktif berbasis Articulae Storyline dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti; 3) Mendeskripsikan tingkat keefektifan hasil belajar pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti siswa setelah penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline.
Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model desain pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall. Sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas VII dengan menggunakan pola Pretest-Posttest Group Design. Kemudian dianalisis menggunakan Uji N-Gain Score dan Independent Sample Test.
Validasi media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline berdasarkan penilaian ahli media pembelajaran 95,83%, ahli materi 93,75%, ahli bahasa 83,33% dan ahli pembelajaran 95,83%, keempat hasil validator termasuk kategori sangat valid. Respon siswa terhadap keterbacaan dan kemenarikan media 86,06% dengan kategori sangat menarik. Tingkat kefektifan hasil belajar siswa setelah penggunaan media sebesar 60,154% dengan kategori cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rizka Dwi Aryani |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 01:50 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 01:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7769 |
Actions (login required)
View Item |