KAMELIA, ARQISYAH (2022) Peningkatan Kemampuan Bahasa dengan Metode Bercerita Melalui Pembelajaran Daring Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Al Ishlah Mayang Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
ARQISYAH KAMELIA_T20175022.pdf Download (5MB) |
Abstract
Adanya wabah internasional (pandemic) menciptakan permasalahan baru dalam dunia pendidikan. Kegiatan belajar mengajar yang awalnya dilakukan secara konvesional kini berubah menjadi pembelajaran jarak jauh (daring), dimana guru dituntut harus mampu mendayagunakan berbagai potensi anak didik, salah satunya yaitu melatih ketelitian anak dalam menyimak materi dan mengungkapkan gagasannya. Pada konteks penelitian yang dilakukan ini, peningkatan anak diarahkan pada kemampuan menguasai keterampilan bahasa dengan baik. Pernyataan ini berangkat dari pemahaman bahwa bahasa adalah suatu sistem untuk berkomunikasi dengan orang lain, melalui bahasa manusia akan mudah dalam bergaul dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Fokus penelitian dari skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan peningkatan kemampuan bahasa dengan metode bercerita melalui pembelajaran Daring pada anak kelompok B di TK Al-Ishlah Mayang Jember tahun pelajaran 2021/2022. 2) Bagaimana pelaksanaan peningkatan kemampuan bahasa dengan metode bercerita melalui pembelajaran Daring pada anak kelompok B di TK Al-Ishlah Mayang Jember tahun pelajaran 2021/2022? 3) Bagaimana evaluasi peningkatan kemampuan bahasa dengan metode bercerita melalui pembelajaran Daring pada anak kelompok B di TK Al-Ishlah Mayang Jember tahun pelajaran 2021/2022?
Tujuan penelitian dari skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan peningkatan kemampuan bahasa aspek menyimak melalui pembelajaran Daring pada anak kelompok B di TK Al-Ishlah Mayang Jember tahun pelajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan peningkatan kemampuan bahasa dengan metode bercerita melalui pembelajaran Daring pada anak kelompok B di TK Al-Ishlah Mayang Jember tahun pelajaran 2021/2022. 3) Mendeskripsikan evaluasi peningkatan kemampuan bahasa dengan metode bercerita melalui pembelajaran Daring pada anak kelompok B di TK Al-Ishlah Mayang Jember tahun pelajaran 2021/2022.
Pendekatan yang digunakan peneliti adalah kualitatif : jenis penelitian adalah deskriptif. Adapun teknik pengumpulan dalam skripsi ini menggunakan observasi nonpartisipasif, wawancara tidak berstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan peningkatan kemampuan bahasa dengan metode bercerita melalui pembelajaran Daring pada anak kelompok B di TK Al-Ishlah Mayang Jember dilakukan dengan membuat seperangkat pembelajaran berupa RPP yang disederhanakan sesuai dengan RPP darurat Covid-19 dan mengadakan kegiatan sosialisasi kepada wali anak didik dengan mengirimkan surat edaran pemberitahuan secara tertulis dan memberitahukan lewat whatsapp group. 2) Pelaksanaan peningkatan kemampuan bahasa dengan metode bercerita melalui pembelajaran Daring pada anak kelompok B dilakukan dengan melakukan kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3) evaluasi peningkatan kemampuan bahasa dengan metode bercerita melalui pembelajaran Daring pada anak kelompok B dilakukan dengan memberikan soal-soal terkait m ateri ke anak-anak melalui google form yang dikirim ke group kelas serta dilakukannya pengamatan secara langsung tingkat perkembangan anak satu per satu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Arqisyah Kamelia |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 06:48 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 06:48 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7771 |
Actions (login required)
View Item |