MUHAMMAD SAIDI, 084114019 (2016) IMPLEMENTASI KAJIAN KITAB TA’LIM MUTA`ALLIM DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM SUREN LEDOKOMBO JEMBER TAHUN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
COVER.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN KEPUSTAKAAN.pdf Download (807kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV PENAYAJIAN DATA.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN MATRIK.pdf Download (378kB) | Preview |
Abstract
Muhammad Saidi. Implementasi kajian kitab Ta’lim Muta`allim dalam
membentuk akhlak santri di pondok pesantren Miftahul Ulum suren Ledokombo
Jember tahun 2015/2016 (Studi kasus di PP. Miftahul Ulum Suren). Skripsi.
Jurusan Pendidikan Islam Program Studi pendidikan Agama Islam. Institut
Agama Islam Negeri Jember. Drs. Sarwan, M.Pd
Manusia selalu bernaluri untuk melakukan perubahan,maka sejak itu
timbul gagasan untuk melakukan pengalihan, pelestarian dan pengembangan
kebudayaan melalui pendidikan.Pendidikan senantiasa menjadi perhatian utama
dalam rangka memajukan kehidupan generasi ke generasi.
Krisis terbesar didunia saat ini adalah krisis keteladanan atau uswah,
Pendidikan dan pengajaran merupakan pandangan filosofi klasik yang menjadi
wacana publik para ahli pendidikan. Sehingga peran ulama dalam hal ini sangat
dibutuhkan dalam mengatasi krisis pendidikan yang terjadi di Indonesia, karena
ulama juga memiliki sebuah tanggung jawab yang sangat vital dalam
mensejahterakan masyarakat melalui pendidikan yang dikelola dalam bentuk
proses belajar-mengajar. kitab Ta’lim Muta`allim yang memiliki porsi sebagai
refrensi bagi seorang pendidik dan perserta didik tidak lepas dari pemikiran
beberapa tokoh yang juga ikut andil dalam terlaksananya keefektifan dalam proses
pembelajaran,
Dari deskripsi diatas melahirkan suatu inspirasi bagi peneliti untuk
mengkontekstualkan dengan dunia realitas, sebagai konfigurasi dari bentuk
konstektualisasi ideal. Maka dengan hal ini peneliti menentukan pilihan yakni
pondok pesantren Miftahul Ulum Suren sebagai representasi dalam ruang kajian
penelitian ini.peneliti tertarik untuk mengkaji lebih mendalam tentang
implementasi kajian kitab Ta’lim Muta’allim di pondok pesantren Miftahul Ulum
Suren Ledokombo Jember tahun pelajaran 2015/2016.
Fokus penelitian ini antara lain : 1. untuk mengetahui implementasi
kajian kitab Ta’limul Muta`allim dalam membentuk akhlak santri kepada Allah
SWT ,Ustadz dan sesama santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum suren
Ledokombo Jember Tahun 2015/2016.
Adapun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif
deskreptif. Sedangkan metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi,
interview dan dokumenter. Sementara metode analisis data menggunakan
Reduksi, penyajian (display), serta Penarikan Kesimpulan (verifikasi). Penentuan
sampel dalam penelitian ini, penelitian purposive sampling dan untuk mengukur
validasi data menggunakan trianggulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan,1. Implementasi Kajian Kitab Ta’limul
Muta`allim Dalam Membentuk Akhlak Santri kepada Allah SWT di Pondok
Pesantren Miftahul Ulum suren Ledokombo Jember Tahun 2015/2016 santri tidak
pernah meninggalkan shalat lima waktu, Bahkan melaksanakannya dengan
berjama’ah ,melaksanakan shalat sunnah seperti, shalat dhuha bersama-sama sebelum berangkat ke sekolah, shalat tahajjud, berdzikir, tahlil, burdah., berdo’a ketika hendak belajar , sabar dalam menjalani kehidupan yang serba sederhana dan terbatas, tidak bebas seperti kalanya anak yang berada diluar kawasan pesantren, sabar jauh dari orangtua dan lain-lain. Suka - duka dituangkan bersama di pondok pesantren.
2. Implementasi Kajian Kitab Ta’limul Muta`allim Dalam Membentuk Akhlak
Santri kepada Ustadz (guru)di Pondok Pesantren Miftahul Ulum suren
Ledokombo Jember Tahun 2015/2016, santri ponpes MIFUL sopan terhadap
gurunya, tidak berjalan di depannya, tidak duduk di tempat duduknya, tidak
memulai percakapan dengannya kecuali seizinnya, tawaddhu’, ta’at dan hormat
berdiri ketika gurunya sedang lewat sebagai bentuk penghormatan dan sebagai
sifat ta’dhim. Ada juga yang bersikap kritis tapi tetap sopan. dan lain-lain., dalam
hubungan-nya pun mereka mampu membedakan antar teman dan guru. Mereka
menjiwai dan berusaha mengamalkan pesan-pesan moral yang terdapat dalam
kitab ta’lim muta’allim.
3. Implementasi Kajian Kitab Ta’limul Muta`allim Dalam Membentuk Akhlak
Santri kepada sesama santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum suren
Ledokombo Jember Tahun 2015/2016, membuka diri untuk mengenal dan dikenal
orang lain, mengucapkan selamat, memberi hadiah, tolong-menolong, sikap
ramah, hormat, saling menghargai, ketika ada temannya yang sakit, seorang santri
akan memberikan kasih sayang yang lebih terhadap temannya tersebut, seperti
dibelikan makanan dikerokin dan lain sebagainya. Menyantuni dan membantu
temannya yang susah. Hubungan-nya tetap baik walaupun terkadang terjadi
ketidak harmonisan hubungan karena suatu luapan emosi yang memuncak, karena
hal tersebut terjadi dalam waktu yang singkat
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KITAB TA’LIM MUTA`ALLIM |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation) 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 20 Sep 2017 00:28 |
Last Modified: | 20 Sep 2017 00:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/78 |
Actions (login required)
View Item |