Peran Kepala Tata Usaha dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Peserta Didik di Madrasah Aliyah Mamba'ul Ulum Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Lutfi, Ahmad (2022) Peran Kepala Tata Usaha dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Peserta Didik di Madrasah Aliyah Mamba'ul Ulum Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Lutfi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ahmad Lutfi, 2022: Peran Kepala Tata Usaha meningkatkan Mutu pelayanan Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Mamba’ul Ulum Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kepala tata usaha memiliki sebuah peran yang sangat penting terhadap pelayanan peserta didik dalam lembaga madrasah. karena keberhasilan lembaga tidak lepas dari manajemen sumber daya manusia yang ada didalamnya. Salah satunya, kepala tata usaha dalam segi pelayanan peserta didik yang harus memberikan mutu pelayan yang baik agar merasa puas. sehingga dengan adanya kepuasan menandakan bahwa dalam pelayanan KTU telah baik dan dapat memberikan nilai baik bagi suatu lembaganya.
Adapun fokus penelitian yaitu 1) bagaimana peran kepala tata usaha sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pelayanan peserta didik di MA Mamba’ul Ulum Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) bagaimana peran Kepala tata usaha sebagai administrator dalam meningkatkan mutu pelayanan peserta didik di MA Mamba’ul Ulum Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2021/2022, sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan peran kepala tata usaha sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pelayanan peserta didik di MA Mamba’ul Ulum Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) untuk mendeskripsikan peran Kepala tata usaha sebagai administrator dalam meningkatkan mutu pelayanan peserta didik di MA Mamba’ul Ulum Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang sudah terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan deskriptis kualitatif teori milik miles Huberman dan saldana. prosedur analisis data yang dimulai dari proses pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas data atau triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian yaitu: 1) Peran kepala tata usaha sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pelayanan peserta didik yaitu pertama, sebagai pemimpin (leader) dengan memberikan sikap yang disiplin dan bekerja keras dalam tim, kedua, berfungsi sebagai (relation) penghubung, ketiga, befungsi sebagai pengawas (supervisor) 2) Peran kepala tata usaha sebagai administrator dalam meningkatkan mutu pelayanan peserta didik dengan pertama, melaksanakan pengarsipan data peserta didik melalui aplikasi digital. kedua, pencataatan data peserta didik seperti buku besar (penerimaan peserta didik baru), buku induk (terkait biodata peserta didik), buku raport (nilai peserta didik) dan buku lainnya. ketiga, surat menyurat seperti surat keluar, surat keaktifan peserta didik dan lainnya.

Kata Kunci: Peran Kepala Tata Usaha, Pelayanan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080610 Information Systems Organisation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Ahmad Lutfi
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:54
Last Modified: 27 Jun 2022 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7814

Actions (login required)

View Item View Item