Syukriyag, Anna (2022) Pendalaman Al Qur'an dengan Metode Amsilati melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama Darul Qur'an Glenmore. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ.
Text
WATERMAK ANA FIKS.pdf Download (5MB) |
Abstract
Anna Syukriyah, 2022: Pendalaman Al Qur’an dengan metode amsilati melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama Darul Qur’an Glenmore Banyuwangi”
Kata Kunci: Pendalaman Al Qur’an dengan metode amsilati
Al Qur’an adalah sebuah kalamullah yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW melalui malaikat jilbril sebagai pedoman bagi seluruh umat manusia.
Fokus penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana pelaksanaan Pendalaman Al Qur’an dengan metode amsilati melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama Darul Qur’an Glenmore Banyuwangi? 2) Apasaja faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan Pendalaman Al Qur’an dengan metode amsilati melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama Darul Qur’anGlenmore Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini yaitu untuk : 1) Mendeskripsikan pelaksanaan Pendalaman Al Qur’an dengan metode amsilati melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama Darul Qur’an Glenmore Banyuwangi. 2)
Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan Pendalaman Al Qur’an dengan metode amsilati melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama Darul Qur’an Glenmore Banyuwangi.
Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan pendekatan penelian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian
yangdigunakan adalah teknik purposive. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis kualitatif model Miles, Huberman, dan Saldana. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) pelaksanaan Pendalaman Al Qur’an dengan metode amsilati melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama Darul Qur’an Glenmore Banyuwangi melalui kegiaran ekstrakurikuler di SMP Darul Qur’an Glenmore ialah kegiatan dilakukan pukul 07.00-09.00 pagi setiap harinya kecuali hari jum’at (libur). Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan tiga hari untuk setoran hafalan dan tiga hari lainnya diterangkan materi. 2) Faktor pendukung dan penghambat dari kegiatan ekstrakurikuler pelaksanaan Pendalaman Al Qur’an dengan metode amsilati melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama Darul Qur’an Glenmore Banyuwangi. Untuk factor pendukungnya ialah bagi peserta didik yang dominan pelaksanaan Pendalaman Al Qur’an dengan metode amsilati melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama Darul Qur’an Glenmore Banyuwangi akan diikut sertakan dalam perlombaan, selain itu factor pendukungnya adalah didatangkan guru dari luar untuk mengajar sehingga membuat suasana baru dalam pembelajaran. Sedangkan untuk factor penghambatnya adalah rasa semangat belajar yang masih
labil, fasilitas sekolah dan fasilitas peserta didik yang belum memadai, serta
kecerdasan anak yang tidak bisa disamaratakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Depositing User: | S.Pd Anna Syukriyah |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 06:37 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 06:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7821 |
Actions (login required)
View Item |