“Implementasi Nilai Siddiq, Amanah, Tabligh dan Fathanah dalam Pelayanan Nasabah di BMT UGT Nusantara Capem Batu Urip Desa Pringgowirawan Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember”

Aniyati, - (2021) “Implementasi Nilai Siddiq, Amanah, Tabligh dan Fathanah dalam Pelayanan Nasabah di BMT UGT Nusantara Capem Batu Urip Desa Pringgowirawan Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember”. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah.

[img] Text
ANIYATI_E20171079.pdf

Download (6MB)

Abstract

Aniyati, Dr. Nikmatul Masruroh, M.E.I, 2021: “Implementasi Nilai Siddiq, Amanah, Tabligh dan Fathanah dalam Pelayanan Nasabah di BMT UGT Nusantara Capem Batu Urip Desa Pringgowirawan Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember” BMT merupakan lembaga keuangan syariah yang bergerak di bidang tabungan dan pembiayaan. BMT (Baitul Maal Wa Tamwil) merupakan sebuah lembaga keuangan non bank yang tidak hanya berorientasi bisnis tetapi juga sosial, dan juga merupakan lembaga yang tidak melakukan pemusatan kekayaan pada sebagian kecil orang, tetapi lembaga yang kekayaannya terdistribusikan secara merata dan adil. Beberapa hal penting, mengapa BMT perlu dikembangkan di Indonesia dan di berbagai daerah. Salah satu tujuan didirikanya BMT adalah untuk melayani masyarakat kecil. Berdasarkan latar belakang masalah, maka penulis dapat merumuskan beberapa permasalahan yang menarik untuk dikaji dan dianalisis, diantaranya:1) bagaimana pola pelayanan di BMT UGT Nusantara Capem Batu Urip? (2) bagaimana implementasi nilai siddiq, amanah, tabligh dan fathanah dalam pelayanan nasabah di BMT UGT Nusantara Capem Batu Urip? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali atau mencari data dan informasi yang berhubungan dengan implementasi nilai siddiq, amanah, tabligh dan fathanah dalam pelayanan nasabah di BMT UGT Nusantara Capem Batu Urip: 1) untuk mengetahui pola pelayanan nasabah di BMT UGT Nusantara Capem Batu Urip. (2) untuk mengetahui implementasi nilai siddiq, amanah, tabligh dan fathanah dalam pelayanan nasabah di BMT UGT Nusantara Capem Batu Urip. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan obsevasi. Kemudian untuk analisis data menggunakan. Selain itu untuk keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan. (1) pola pelayanan yang digunakan oleh BMT UGT Nusantara Capem Batu Urip adalah pola pelayanan yang sesuai dengan peraturan perusahaan yang harus memberikan pelayanan sebaik mungkin, dimana di dalam peraturan perusahaan yang menerapkan pola pelayanan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yaitu pelayanan yang menerapkan nilai siddiq, amanah, tabigh dan fathanah. (2) implementasi nilai siddiq, amanah, tabligh dan fathanah dalam pelayanan nasabah di BMT UGT Nusantara Capem Batu Urip diterapkan sesuai dengan peraturan perusahaan yang ada walaupun dalam penerapannya masih belum bisa maksimal Kata Kunci: Siddiq, Amanah, Tabligh, Fathanah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 24 Jun 2022 09:26
Last Modified: 24 Jun 2022 09:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7831

Actions (login required)

View Item View Item