“Penggunaan Bahan Ajar LKS Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Ma’arif Nu Pandaan Kabupaten Pasuruan Tahun 2019/2020.”

Nurmala Eka Dewi, - (2021) “Penggunaan Bahan Ajar LKS Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Ma’arif Nu Pandaan Kabupaten Pasuruan Tahun 2019/2020.”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Nurmala Eka Dewi_T20171109.pdf

Download (10MB)

Abstract

Nurmala Eka Dewi, 2021:“Penggunaan Bahan Ajar LKS Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Ma’arif Nu Pandaan Kabupaten Pasuruan Tahun 2019/2020.” Kata kunci: Bahan Ajar, Lembar Kerja Siswa, Pendidikan Agama Islam Bahan ajar merupakan segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan mengajar. Pendidikan agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntutan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar umat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa. Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimanakah Teknik Penyusunan Lembar Kerja Siswa dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam Di SMA Ma’arif NU Pandaan Kabupaten Pasuruan? (2)Bagaimanakah teknik penerapan Lembar Kerja Siswa dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam Di SMA Ma’arif NU Pandaan Kabupaten Pasuruan?. Tujuan penelitian ini adalah: (1)Untuk mengetahui Teknik Penyusunan Lembar Kerja Siswa dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam Di SMA Ma’arif NU Pandaan Kabupaten Pasuruan. (2)Untuk mengetahui teknik penerapan Lembar Kerja Siswa dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam Di SMA Ma’arif NU Pandaan Kabupaten Pasuruan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kulitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field reseach). teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Milles, Huberman, dan Saldana dengan langkah kondensasi, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu. Tahap penelitiannya, yaitu: pra lapangan, pelaksanaan, dan pelaporan. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Penyusunan materi ajar dilakukan untuk menyesuaikan dengan kurikulum maupun kebutuhan dari siswa di sebuah lembaga pendidikan. Menentukan dan memilih judul materi ajar juga sudah dari pusat dan bahan ajar LKS yang digunakan di SMA Ma’arif NU Pandaan itu berdasarkan kurikulum 2013 yang telah dikembangkan oleh musyawarah guru mata pelajaran PAI Kabupaten Pasuruan (MGMP PAI Kabupaten Pasuruan), (2)Psengembangan materi ajar Lembar Kerja Siswa mengenai evaluasi yang dilakukan berupa tes tulis dan praktek sesuai dengan materi yang disampaikan. Keefektifan pada materi materi ajar LKS PAI pada hasil belajar siswa lebih mudah memahami materi menggunakan LKS. Meskipun kalau hanya sekedar mengandalkan buku LKS itu tidak cukup, dan guru harus mempunyai wawasan yang cukup banyak, referensi yang cukup agar bisa menunjang proses pembelajaran. dalam kegiatan belajar mengajar guru tentu mengharapkan suatu perubahan yang ada pada siswa untuk melakukan suatu perubahan tersebut guru harus meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 24 Jun 2022 09:27
Last Modified: 24 Jun 2022 09:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7853

Actions (login required)

View Item View Item