ANALISIS KESALAHAN SISWA PUTRI DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL TIPE HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) DITINJAU DARI INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DI MTS UNGGULAN NURIS JEMBER

LATHIFATUL MAGHFIROH, DEWI (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA PUTRI DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL TIPE HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) DITINJAU DARI INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DI MTS UNGGULAN NURIS JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
DEWI LATHIFATUL MAGHFIROH_T20177058.pdf

Download (8MB)

Abstract

Menurut hasil PISA (Programme for International Student Assessment) di tahun 2018 kemampuan matematika siswa Indonesia tergolong masih rendah. Soal dengan tipe HOTS melatih siswa untuk berpikir dalam tingkat analisis, evaluasi, dan mengkreasi. Kecerdasan berperan sebagai kemampuan siswa untuk menyerap informasi sebelum tahap menganalisis, mengevaluasi dan mencipta yang dilakukan pada level kognitif soal tipe HOTS. Siswa putri kelas VIII J MTs Unggulan Nuris jember diketahui bahwa pada materi aritmatika sosial mengalami
kesulitan dalam menyelesaikan soalFokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana kesalahan siswa putri kelas VIII J MTs Unggulan Nuris Jember dalam menyelesaikan soal
aritmatika sosial tipe HOTS yang memiliki IQ di bawah rata-rata? 2) bagaimana kesalahan siswa putri kelas VIII J MTs Unggulan Nuris Jember dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial tipe HOTS yang memiliki IQ normal?.Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan kesalahan siswa putri kelas VIII J MTs Unggulan Nuris Jember dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial tipe HOTS yang memiliki IQ di bawah rata-rata, 2) mendeskripsikan kesalahan siswa putri kelas VIII J MTs Unggulan Nuris Jember dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial tipe HOTS yang memiliki IQ normal..Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil 4 orang siswa putri kelas VIII J MTs Unggulan Nuris Jember yang
sesuai dengan kriteria penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Setiap hasil tes dianalisis berdasarkan indikator kesalahan menurut Watson dengan menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diperiksa keabsahannya menggunakan triangulasi metode.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Pada kategori IQ
di bawah rata-rata subjek S1 melakukan kesalahan data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data hilang, kesimpulan hilang, manipulasi tidak langsung dan selain ketujuh kategori di atas dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial tipe HOTS.
Sedangkan subjek S2 melakukan kesalahan prosedur tidak tepat, data hilang,kesimpulan hilang, konflik level respon, manipulasi tidak langsung, masalah hierarki keterampilan, dan selain ketujuh kategori di atas dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial tipe HOTS. 2) Pada kategori IQ normal subjek S3melakukan kesalahan data tidak tepat, prosedur tidak tepat, kesimpulan hilang, manipulasi tidak langsung, dan selain ketujuh kategori di atas dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial tipe HOTS Subjek S4 melakukan kesalahan data tidak tepat, prosedur tidak, data hilang, kesimpulan hilang, manipulasi tidak
langsung, dan selain ketujuh kategori di atas (above other/ao) dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial tipe HOTS.
Kata kunci: kesalahan siswa, soal aritmatika tipe HOTS, intelligence quotient

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Miss Perpustakaan Dewi Lathifatul Maghfiroh
Date Deposited: 27 Jun 2022 08:08
Last Modified: 27 Jun 2022 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7856

Actions (login required)

View Item View Item