Peran kepala madrasah dalam mengembangkan program ekstrakurikuler guna meningkatkan minat dan bakat peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember

Daniyati, Nasihatin (2022) Peran kepala madrasah dalam mengembangkan program ekstrakurikuler guna meningkatkan minat dan bakat peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NASIHATIN DANIYATI SKRIPSI T20183077 14.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nasihatin Daniyati, 2022: peran kepala madrasah dalam mengembangkan program ekstrakurikuler guna meningkatkan minat dan bakat peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.
Kata kunci: peran kepala madrasah, program ekstrakurikuler

Peran kepala madrasah adalah jabatan formal yang diberikan tugas dan tanggung jawab untuk memimpin sebuah madrasah dengan memanfaatkan segala potensi yang ada di madrasah maupun di luar madrasah.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai edukator dalam mengembangkan program ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? 2) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai manajer dalam mengembangkan program ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? 3) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai motivator dalam mengembangkan program ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai edukator, manajer, dan motivator dalam mengembangkan program ekstrakurikuler guna meningkatkan minat dan bakat peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya
adalah deskriptif. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan data primer
dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi semi-partisipan, wawancara semi-struktur dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahap-tahap penelitian menggunakan tahap penelitian pra lapangan, tahap pelaksanaan lapangan, dan tahap analisis data.
Penelitian ini memperoleh simpulan: 1) peran kepala madrasah sebagai edukator telah memenuhi sarana prasarana dalam menunjang kegiatan ekstrakurikuler, memberi teladan tindakan berintegritas, dan melakukan pembinaan kepada guru pembina ekstrakurikuler. 2) peran kepala madrasah sebagai manajer melalui perencanaan (rapat koordinasi, penyusunan jadwal kegiatan dan pemilihan pembina), pengorganisasian (pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab), pelaksanaan (kegiatan pelatihan, latihan rutin, program kerja dan insidental), pengawasan (usaha mengatasi hambatan). 3) peran kepala madrasah sebagai motivator telah memberikan memotivasi dan semangat kepada guru pembina untuk bekerja sama mengembangkan kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Nasihatin Daniyati
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:43
Last Modified: 28 Jun 2022 01:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7859

Actions (login required)

View Item View Item