Strategi Komunikasi Radio Mahardhika FM Bondowoso dalam Menyampaikan Pesan-Pesan Dakwah melalui Program Pelita Iman

Hidayah, Rohmatul (2022) Strategi Komunikasi Radio Mahardhika FM Bondowoso dalam Menyampaikan Pesan-Pesan Dakwah melalui Program Pelita Iman. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rohmatul Hidayah-D20181026.pdf

Download (3MB)

Abstract

Banyaknya radio di Bondowoso membuat kian pesatnya persaingan radio, sehingga menuntut Radio Mahardhika FM sebagai radio pemerintah di Bondowoso melakukan strategi tertentu agar tetap eksis di masyarakat. Salah satunya dalam program Pelita Iman sebagai program dakwah.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi Radio Mahardhika FM Bondowoso dalam menyiapkan konsep program Pelita Iman? 2) Bagaimana strategi komunikasi Radio Mahardhika FM Bondowoso dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah pada program Pelita Iman? Adapun tujuan penelitiannya adalah mendeskripsikan strategi Radio Mahardhika FM Bondowoso dalam menyiapkan konsep program Pelita Iman dan mendeskripsikan strategi komunikasi Radio Mahardhika FM Bondowoso dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah pada program Pelita Iman.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu data dianalisis dengan penalaran induktif menggunakan teknik analisis model Miles and Huberman. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan member check.
Hasil dari penelitian ini bahwa strategi yang dilakukan Radio Mahardhika dalam mengkonsep program yaitu dengan merumuskan nama program; menentukan segmentasi pendengar; menentukan bentuk dan waktu siaran di sore hari sebagai keunikan dan pembeda dengan radio lain; menentukan narasumber yang moderat, kompeten, kredibel dan tidak berpolitik; menentukan penyiar yang sesuai program; menentukan kriteria materi siaran, dan menentukan media baik radio analog, radio streaming, serta Youtube. Adapun tahapan strategi yang dilakukan dimulai dari formulasi, implementasi, dan evaluasi strategi. Sedangkan strategi dalam menyampaikan pesan dakwah cenderung kepada upaya pengemasan program baik dari persiapan oleh penyiar, persiapan materi dakwah oleh narasumber, dan penggunaan bahasa yang mudah dipahami serta pengikutan bahasa Madura bila diperlukan.

Kata kunci : strategi komunikasi, kualitatif deskriptif, formula lasswel, uses and gratifications

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rohmatul Hidayah
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:38
Last Modified: 27 Jun 2022 03:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7866

Actions (login required)

View Item View Item