Peran Pengembangan Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2021/2022

Aliyah, Naili Wahyu (2022) Peran Pengembangan Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Naili Wahyu Aliyah_T20183074.pdf

Download (2MB)

Abstract

Naili Wahyu Aliyah, 2022: “Peran Pengembangan Budaya Sekolah dalam pembentukan karakter peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.”
Kata Kunci : Budaya sekolah, Karakter, dan MAN 1 Jember.

Budaya sekolah menjadi salah satu alternatif dalam upaya pembentukan karakter yaitu melalui pembiasaan serta penanaman keyakinan baik di sekolah. Dengan membentuk budaya sekolah yang baik diharapkan dapat membangun karakter yang baik pula pada siswa. Budaya sekolah mencakup 3 unsur yaitu artefak dan perilaku, nilai-nilai bentukan serta asumsi-asumsi yang hidup.
Fokus dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peran pengembangan artefak dalam pembentukan karakter peserta didik di MAN 1 Jember? 2) Bagaimana peran pengembangan perilaku dalam pembentukan karakter peserta didik di MAN 1 Jember? 3) Bagaimana Peran Pengembangan nilai-nilai bentukan dalam pembentukan karakter peserta didik Di MAN 1 Jember? 4) Bagaimana peran pengembangan asumsi-asumsi dalam pembentukan karakter peserta didik di MAN 1 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran pengembangan artefak, perilaku, nilai-nilai bentukan, dan asumsi yang hidup dalam Pembentukan karakter peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Tahap-tahap pada penelitian ini mulai dari tahap pra lapangan, pelaksanaan lapangan dan penyusunan laporan.
Penelitian ini memperoleh simpulan : 1) Artefak di MAN 1 Jember terdiri dari logo, seragam, ukiran, serta berbagai sarana prasarana pembelajaran. MAN 1 Jember memiliki empat area kegiatan yaitu gedung induk MAN 1 Jember, Mahad Putri, Ma’had Putra, dan Laboratorium Keagamaan. Masing-masing area dilengkapi beberapa ruang serta fasilitas pendukung kegiatan. 2) Perilaku berupa aktivitas di MAN 1 Jember dimulai dari awal shalat dhuha, kegiatan pembelajaran, shalat dhuhur berjamaah, kegiatan pembelajaran hingga pulang, dilanjutkan dengan kegiatan ekstrakurikuler. 3) Nilai-nilai bentukan di MAN 1 Jember merupakan visi, misi, tujuan, serta aturan resmi. MAN 1 Jember memiliki aturan yang disebut pengembangan disiplin siswa yang terdiri dari disiplin hadir dan pulang, disiplin selama mengikuti pembelajaran, disiplin berpakaian, disiplin mengikuti kegiatan HBI (Hari Besar Islam) dan HBN (Hari Besar Nasional). 4) asumsi-asumsi di MAN 1 Jember tidak terlepas dari ajaran Agama Islam yang melandasi setiap perilaku warga sekolah. Sebagaimana tercantum dalam teknik pencapaian visi, misi, dan tujuan sekolah yaitu dengan menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran Agama Islam dan budaya bangsa sebagai sumber kearifan dalam bertindak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200204 Cultural Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Naili Wahyu Aliyah
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:44
Last Modified: 27 Jun 2022 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7876

Actions (login required)

View Item View Item