shofiyah, siti (2022) Inovasi Pembelajaran Tematik Melalui E Learning Madrasah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtida'iyah Ma'arif 01 KH. Shiddiq Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.
Text
TESIS SITI SHOFIYAH NIM 0849419003.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Siti Shofiyah, 2022. Inovasi Pembelajaran Tematik Melalui E-learning Madrasah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtida’iyah Ma’arif 01 KH. Shiddiq Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pascasarjana UIN KHAS Jember. Pembimbing I: Dr. H. Moh. Sahlan, M.Ag. Pembimbing II: Dr. Andi Suhardi, M.Pd.
Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran Tematik, E-learning Madrasah
Sejak tahun 2020 sampai 2021, wabah covid-19 belum juga usai. Hal ini dibuktikan dengan berlangsungnya pembelajaran secara online yang masih dilakukan di Madrasah Ibtida’iyah. Dalam pembelajaran online, Mima 01 KH. Shiddiq Jember mengalami kendala yaitu mulai menurunnya motivasi belajar peserta didik, hal ini dapat dilihat dari kehadiran peserta didik yang semakin minim, serta keterlambatan peserta didik dalam pengumpulan tugas. Oleh karena itu, Mima 01 KH. Shiddiq Jember menginovasikan pembelajaran menggunakan e-learning madrasah.
Fokus penelitian yaitu (1) bagaimana inovasi materi pembelajaran tematik melalui e-learning madrasah?, (2) bagaimana inovasi metode pembelajaran tematik melalui e-learning madrasah?, (3) bagaimana inovasi media pembelajaran tematik melalui e-learning madrasah?, (4) bagaimana inovasi asesmen pembelajaran tematik melalui e-learning madrasah? Tujuan penelitian yaitu (1) untuk mendeskripsikan inovasi materi pembelajaran tematik melalui e-learning madrasah, (2) mendeskripsikan inovasi metode pembelajaran tematik melalui e-learning madrasah, (3) mendeskripsikan inovasi media pembelajaran tematik melalui e-learning madrasah, (4) mendeskripsikan inovasi asesmen pembelajaran tematik melalui e-learning madrasah.
Teori penelitian ini yaitu menggunakan teori Ausubel tentang inovasi pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan Studi kasus. Subjek penelitian yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, guru kelas dan peserta didik. Sumber data yaitu: data primer dan data sukunder. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data interaktif Miles and Huberman. Keabsahan yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan member check.
Hasil Penelitian yaitu: (1) Inovasi materi pembelajaran kelas II dan IV yaitu: pengembangan materi menjadi cerita, pengembagan materi menjadi video pembelajaran, pengembangan materi menjadi bahan ajar. (2) Inovasi metode pembelajaran kelas II dan IV yaitu: metode ceramah online, metode diskusi online, metode permainan, dan metode praktek (3) Inovasi media pembelajaran kelas II dan IV yaitu: media pembelajaran menggunakan gambar, video, youtube, dan bahan ajar berupa Microsoft office (4) Inovasi asesmen pembelajaran kelas II dan IV yaitu: asesmen kognitif menggunakan quiziz dan CBT, google formulir, afektif melalui kedisplinan, tanggung jawab, percaya diri, psikomotorik melalui penilaian kinerja, proyek dan protofolio.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Program Magister > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | Ms Siti Shofiyah |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 04:03 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 04:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7891 |
Actions (login required)
View Item |