Pengaruh Media Pembelajaran Biologi dengan Memanfaatkan Barang-barang Bekas Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI IPA di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Azizah, Siti Alfiyana (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Biologi dengan Memanfaatkan Barang-barang Bekas Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI IPA di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Akhmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Alfiyana Ukuran Watermark 2_removed (1).pdf

Download (5MB)

Abstract

Siti Alfiyana Azizah, 2022: Pengaruh Media Pembelajaran Biologi dengan
Memanfaatkan Barang-Barang Bekas Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar
Siswa Pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI IPA di SMA Negeri Arjasa
Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Media, barang bekas, kreativitas, hasil belajar, sistem koordinasi.
Biologi merupakan cabang ilmu pengetahuan alam yang ruang lingkup
pembahasannya terkait dengan makhluk hidup. Materi-materi dalam mata
pelajaran biologi sebagian besar membuat peserta didik berkhayal dan sulit untuk
diajarkan oleh guru tanpa adanya media pembelajaran yang tepat. Media
pembelajaran biologi sebenarnya tidak harus mahal dan canggih. Salah satu nya
dengan memanfaatan barang bekas dalam pembuatan media pembelajaran
biologi, yang dapat membantu guru menyampaikan materi kepada peserta didik,
dan dapat mengembangkan cara berfikir kreatif peserta didik saat belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk :1)mendeskripsikan kreativitas belajar siswa
setelah dibelajarkan menggunakanmedia pembelajaran dengan
memanfaatkan barang-barang bekas;2)mendeskripsikan hasil belajar siswa
setelah dibelajarkan menggunakan media pembelajaran dengan
memanfaatkan barang-barang bekas; 3)mengetahui pengaruh yang signifikan
media pembelajaran dengan memanfaatkan barang-barang bekas terhadap
kreativitas belajar siswa; 4) mengetahui pengaruh yang signifikan media
pembelajaran dengan memanfaatkan barang-barang bekas terhadap hasil
belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian eksperimen, desain Quasi experimental design dengan bentuk
penelitian nonequivalent group posttest only design. Teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik purposive sampling,terpilih kelas XI IPA 3
sebagai kelas ekperiment dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner (angket). Analisis data
yang digunakan adalah uji Z.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1) skor rata-rata
angket kreativitas belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari skor rata-rata kelas
kontrol; 2) Nilai rata-rata posttest kelas ekperimen lebih tinggi dari nilai ratarata kelas kontrol; 3) Ada pengaruh yang signifikan pada media pembelajaran
dengan memanfaatkan barang-barang bekas terhadap kreativitas belajar siswa
dengan nilai Sig 0,000 4)Ada pengaruh yang signifikan pada media
pembelajaran dengan memanfaatkan barang-barang bekas terhadap hasil
belajar siswa dengan nilai Sig 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060207 Population Ecology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Ms Siti Alfiyana Azizah Azizah
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:04
Last Modified: 01 Jul 2022 02:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7920

Actions (login required)

View Item View Item