Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas X SMA Negeri 1 Semarapura Tahun Pelajaran 2021/2022

Mr, M. Fairuz Arrahman (2022) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas X SMA Negeri 1 Semarapura Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Fairuz Arrahman_T20181094.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti perlu adanya
inovasi pembelajaran yang diawali dengan pendekatan belajar terpusat pada siswa
atau student centered. Salah satu inovasi model pembelajaran PAI yang
diterapkan pada tahun ajaran baru 2021/2022 di SMA Negeri 1 Semarapura yakni
model pembelajaran Problem Based Learning dengan tujuan agar siswa aktif dan
kritis.
Adapun fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan
pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti melalui model
pembelajaran problem based learning kelas X SMA Negeri 1 Semarapura tahun
pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama
Islam dan budi pekerti melalui model pembelajaran problem based learning kelas
X SMA Negeri 1 Semarapura tahun pelajaran 2021/2022? 3) Bagaimana evaluasi
pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti melalui model
pembelajaran problem based learning kelas X SMA Negeri 1 Semarapura tahun
pelajaran 2021/2022?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan
analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana yakni kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada pengujian keabsahan data,
peneliti menggunaka triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan pembelajaran meliputi
empat unsur yaitu, a) Guru menentukan tujuan model Problem Based Learning
dan tujuan kompetensi, b) Guru menetapkan materi Menghindari Pergaulan Bebas
dan perbuatan Zina, c) Guru menetapkan model pembelajaran Problem Based
Learning, d) Guru memilih sumber belajar melalui buku dan memilih media
pembelajaran dengan powerpoint dan video animasi. 2) Pelaksanaan pembelajaran
yaitu, a) Guru membuka pelajaran dengan pemberian motivasi, apersepsi, acuan,
b) Guru menyampaikan materi menghindari pergaulan bebas dan perbuatan zina
melalui media power point dan video animasi, c) Guru menerapkan model
pembelajaran Problem Based Learning sesuai dengan sintaks model dan d) Guru
menutup pelajaran dengan refleksi materi melalui tanya jawab, merangkum dan
ditutup dengan doa serta salam. 3) Evaluasi pembelajaran dilakukan guru melalui
observasi saat proses diskusi, presentasi dan mengamati bacaan Al-Quran siswa
serta guru menilai dengan tes objektif bentuk pilihan ganda dengan hasil nilai
siswa yang sempurna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: M. Fairuz Arrahman
Date Deposited: 28 Jun 2022 02:17
Last Modified: 28 Jun 2022 02:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7936

Actions (login required)

View Item View Item