Hidayat Al-Arif, Achmad (2022) Pendidikan Di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung-Jember (Tinjauan Sosio-Kultural). Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
ACHMAD HIDAYAT AL-ARIF_T20181275.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pendidikan Pondok Pesantren, Sosio-Kultural
Pendidikan di pondok pesantren berbeda dengan lembaga lain. Pembelajaran yang diterapkan di pondok pesantren menjadikan santri bisa mengerti, menghayati, dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. Pesantren juga menekankan santri untuk menguasai seluruh materi pendidikan agama Islam.
Dalam kehidupan di pondok pesantren ada peran kiai, ustadz, dan para santi, sehingga menciptakan suasana kehidupan yang harmonis antara guru yang sangat disegani oleh muridnya dengan rasa penuh cinta dan hormat.
Berdasarkan uraian diatas, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
pola pendidikan di pondok pesantren Ainul Yaqin Ajung-Jember?, 2) Bagaimana sistem pendidikan di pondok pesantren Ainul Yaqin Ajung-Jember (Tinjauan sosiokultural)?
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis
penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Sedangkan tehnik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dengan model interaktif deskriptif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah analisis sebagai berikut: (1). Pengumpulan data (2). Kondensasi data, (3). Penyajian
data, (4). Pengambilan kesimmpulan. Kemudian keabsahan data peneliti
menggunakan kredibilitas data, yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Adapun beberapa kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu: 1. Pola
pendidikan di pondok pesantren Ainul Yaqin Ajung-Jember diselenggarakan melalui tiga lembaga pendidikan di pondok pesantren Ainul Yaqin, yaitu: Madrasah Ainul Yaqin, SMP dan SMK Ainul Yaqin. 2. Kehidupan sosial santri di pondok pesantren Ainul Yaqin Ajung-Jember terdapat santri siswa dan santri mahasiswa. Santri siswa dan santri mahasiswa di pondok pesantren Ainul Yaqin hidup berdampingan dalam satu lingkungan. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara santri siswa dan santri mahasiswa. Semua sama-sama santri yang belajar dan bertempat tinggal di pondok
pesantren. Dan terdapat beberapa pembiasaan untuk membentuk karakter santri di pondok pesantren Ainul Yaqin Ajung-Jember antara lain: Budaya sowan, wirid, berseragam putih, sholat dhuha, dan kegiatan ekstrakurikuler.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ACHMAD HIDAYAT AL-ARIF |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 04:44 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 04:44 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7946 |
Actions (login required)
View Item |