Chindy Viona, Chindy Viona Putri Aji (2022) Implementasi ujian praktik di Madrasah Tsanawiyah Baitul Arqom Balung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
CHINDY_VIONA_P.A_T20181358.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Chindy Viona Putri Aji, 2022: Implementasi Ujian praktik Materi Agama di Madrasah Tsanawiyah Baitul Arqom Balung Jember.
Kata Kunci: Ujian praktik, Materi Agama, Madrasah Tsanawiyah.
Ujian praktik materi agama di Madrasah Tsanawiyah Baitul Arqom Balung Jember adalah untuk mengukur atau mengevaluasi pencapaian mata pelajaran dan sebagai salah satu syarat kelulusan dan menjadi umpan balik kegiatan pembelajaran. Adapun materi agama yang diujikan adalah terdiri dari mata pelajaran fiqih dan al-qur’an hadits.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan ujian praktik materi agama di Madrasah Tsanawiyah Baitul Arqom Balung Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan ujian praktik materi agama di Madrasah Tsanawiyah Baitul Arqom Balung Jember? 3) Bagaimana evaluasi ujian praktik materi agama di Madrasah Tsanawiyah Baitul Arqom Balung Jember ?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mengetahui perencanaan ujian praktik materi agama di Madrasah Tsanawiyah Baitul Arqom Balung Jember. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan ujian praktik materi agama di Madrasah tsanawiyah Baitul Arqom Balung Jember. 3) Untuk mengetahui evaluasi ujian praktik materi agama di Madrasah tsanawiyah Baitul Arqom Balung Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi .
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan ujian praktik materi agama terdiri dari 5 langkah, yaitu penentuan tujuan, penentuan bahan/materi,penentuan strategi/metode, penentuan media/alat, penentuan penilaian. Aspek penilaian terdiri dari hafalan dan kelancaran bacaan serta gerakan yang diujikan; 2) Pelaksanaan ujian praktik materi agama yaitu peserta didik dipanggil secara bergiliran untuk mempraktikkan pertanyaan dari penguji; 3) Evaluasi terdiri dari 2 langkah yaitu evaluasi proses pelaksanaan dan evaluasi nilai hasil. Evaluasi proses dibagi menjadi 4 bagian yaitu, evaluasi proses hasil, evaluasi proses pelaksanaan, remidi dan rapat kelulusan. Evaluasi nilai hasil dilakukan sesuai standar penilaian di rapot siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | . Chindy Viona Putri Aji |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 02:33 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 02:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7951 |
Actions (login required)
View Item |