Halimatus Sakdiyah, Nur (2022) Pengaruh Asas-Asas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jember). Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
Text
NUR HALIMAH FULL.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nur Halimatus Sakdiyah, Ana Pratiwi 2022: Pengaruh Asas-Asas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi kasus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jember).
Kepuasan adalah tolak ukur penerima jasa di segala bentuk kegiatan, terlebih kepuasan yang mengacu kepada sebuah kegiatan pelayanan masyarakat. Kepuasan dalam bentuk pelayanan masyarakat tidak terbangun dengan sendirinya, perlu adanya kualitas pelayanan serta evaluasi demi konsistensi dan peningkatan kepuasan masyarakat tetap terjaga.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Apakah transparansi berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat? (2) Apakah akuntabilitas berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat? (3) Apakah kondisi berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat? (4) Apakah partisipatif berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat? (5) Apakah kesamaan hak berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat? (6) Apakah keseimbangan hak dan kewajiban berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat? (7) Apakah transparansi, akuntabilitas, kondisi, partisipatif, kesamaan hak, serta keseimbangan hak dan kewajiban secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pupolasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berkunjung ke Dispendukcapil Jember. Metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa secara parsial variabel akuntabilitas (nilai signifikansi 0,012 < 0,05 dan nilai t hitung 2,560 > 1,985) dan variabel partisipatif (nilai signifikansi 0,003 < 0,05 dan nilai t hitung 3,023 > 1,985) berpengaruh signifikansi terhadap kepuasan masyarakat. Sedangkan untuk variabel transparansi (nilai signifikansi 0,687 > 0,05 dan nilai t hitung 0,404 < 1,985), variabel kondisi (nilai signifikansi 0,615 > 0,05 dan nilai t hitung 0,505 < 1,985), variabel kesamaan hak (nilai signifikansi 0,244 > 0,05 dan nilai t hitung 1,173 < 1,985), dan variabel keseimbangan hak dan kewajiban (nilai signifikansi 0,56 > 0,05 dan nilai t hitung 1,932 < 1,985) tidak berpengaruh signifikansi terhadap kepuasan masyarakat. Namun secara simultan variabel transparansi, variabel akuntabilitas, variabel kondisional, variabel partisipatif, variabel kesamaan hak, dan variabel keseimbangan hak dan kewajiban terdapat pengaruh signifikansi terhadap kepuasan masyarakat. Serta secara uji determinasi variabel transparansi, variabel akuntabilitas, variabel kondisi, variabel partisipatif, variabel kesamaan hak, dan variabel keseimbangan hak dan kewajiban berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat sebesar 69,5%. Sedangkan untuk sisanya sebesar 30,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Transparansi, Akuntabilitas, Kondisi, Partisipatif, Kesamaan Hak, Keseimbangan Hak Dan Kewajiban Dan Kepuasan Masyarakat
ABSTRACT
Nur Halimatus Sakdiyah, Ana Pratiwi 2022: The Effect of Service Principles on Community Satisfaction (Case Study of the Jember City Population and Civil Registration Service).
Satisfaction is a benchmark for service recipients in all forms of activity, especially satisfaction which refers to a community service activity. Satisfaction in the form of community services does not build by itself, it is necessary to have service quality and evaluation for consistency and increase community satisfaction to be maintained.
The formulation of the problem studied in this thesis are (1) Does transparency affect people's satisfaction? (2) Does accountability affect people's satisfaction? (3) Does the condition affect people's satisfaction? (4) Does participatory affect people's satisfaction? (5) Does equality of rights affect people's satisfaction? (6) Does the balance of rights and obligations affect people's satisfaction? (7) Do transparency, accountability, conditions, participation, equal rights, and the balance of rights and obligations simultaneously affect the satisfaction of the community?
This research uses a quantitative research method approach with descriptive research type. The population in this study were all people who visited the Dispendukcapil Jember. The sampling method used accidental sampling with a sample size of 100 people. Data collection techniques and instruments in this study used a questionnaire.
The results of this study can show that partially the accountability variable (significance value 0.012 <0.05 and t-count value 2.560> 1.985) and the participatory variable (significance value 0.003 <0.05 and t-count value 3.023> 1.985) have a significant effect on community satisfaction. . Meanwhile, for the transparency variable (significance value 0.687 > 0.05 and t value 0.404 < 1.985), condition variable (significance value 0.615 > 0.05 and t arithmetic value 0.505 < 1.985), equality variable (significance value 0.244 > 0, 05 and the t-count value of 1.173 <1.985), and the variable of the balance of rights and obligations (significance value 0.56> 0.05 and t-count value 1.932 <1.985) had no significant effect on community satisfaction. However, simultaneously the transparency variable, accountability variable, conditional variable, participatory variable, equal rights variable, and the balance of rights and obligations variable have a significant effect on community satisfaction. As well as the determination test of the transparency variable, the accountability variable, the condition variable, the participatory variable, the equal rights variable, and the balance of rights and obligations variables affect community satisfaction by 69.5%. As for the remaining 30.5% influenced by other variables not examined in this study.
Keywords: Transparency, Accountability, Condition, Participatory, Equality of Rights, Balance of Rights and Responsibilities and Community Satisfaction
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150403 Real Estate and Valuation Services |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah |
Depositing User: | Ms Nur Halimatus Sakdiyah |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 07:54 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 07:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7968 |
Actions (login required)
View Item |