Internalisasi Nilai-Nilai Ahlus Sunnah Wal Jamaah Dalam Mencegah Sikap Ekstrimisme Pada Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin Jatiroto Lumajang

Farouk, Mochamad (2022) Internalisasi Nilai-Nilai Ahlus Sunnah Wal Jamaah Dalam Mencegah Sikap Ekstrimisme Pada Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin Jatiroto Lumajang. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOCHAMAD FAROUK _0849418006.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Mochamad Farouk, 2022, Internalisasi Nilai-Nilai Ahlus Sunnah Wal Jamaah
Dalam Mencegah Sikap Ekstrimisme Pada Anak Di
Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin Jatiroto
Lumajang
Kata Kunci: Nilai Ahlus Sunnah Wal Jamaah, Ekstrimisme
Islam sebagai ajaran agama yang rahmatal lil al-alamin yang di terima oleh
Masyarakat Indonesia, karena ajaran yang di bawanya mudah untuk di mengerti
yakni mengenai aqidah, syariah, dan akhlak sedangkan Ekstremisme yang telah
tersebar luas tersebut kemudian berpotensi untuk menghasilkan kekerasan,
sehingga menjadi ancaman serius bagi kehidupan bernegara dan berbangsa.
fokus penelitian ini : 1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai moderat dalam
mencegah sikap ekstrimisme peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin
Jatiroto Lumajang? 2) Bagaimana internalisasi toleran dalam mencegah sikap
ekstrimisme peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin Jatiroto
Lumajang? 3) Bagaimana internalisasi seimbang dalam mencegah sikap ekstrimisme
peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin Jatiroto Lumajang?
Tujuan penelitian ini : 1) Mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana
internalisasi nilai-nilai moderat dalam mencegah sikap ekstrimisme peserta didik di
Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin Jatiroto Lumajang. 2) Mendeskripsikan dan
menganalisis bagaimana internalisasi toleran dalam mencegah sikap ekstrimisme peserta
didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin Jatiroto Lumajang. 3)
Mendeskripsikan dan menganalisis internalisasi seimbang dalam mencegah sikap
ekstrimisme peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin Jatiroto
Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologi. Penelitian kualitatif ini membutuhkan kehadiran peneliti untuk terlibat
langsung mengobservasi dan mewawancarai serta mendokumentasikan segala bentuk
aktifitas yang berkaitan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data yang digunakan
adalah analisis data model Milles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data dilakukan
dengan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian ini adalah : 1) Internalisasi nilai tawassuth adalah dengan menjaga
konsistensi dalam melaksanakan amaliah yang telah diajarkan dan dibiasakan di sekolah
seperti sholat tarawih 20 rakaat, wirid setelah sholat. 2) Internalisasi nilai tasammuh
(toleran) dalam mencegah sikap ekstrimisme di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin
Jatiroto Lumajang dilakukan dengan cara meneladankan kepada siswa untuk
menghormati dan menghargai perbedaan yang ada di sekitar mereka, seperti tidak
menyalahkan mereka yang memiliki bilangan rakaat sholat tarawih yang berbeda dengan
mereka. 3) Internalisasi nilai tawazun dalam mencegah sikap ekstrimisme di Madrasah
Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin Jatiroto Lumajang dilakukan dengan cara peneladanan
serta pemahaman bahwa sikap ekstrim/berat sebelah bukanlah sikap bijak ketika
dikaitkan dengan perbedaan pendapat, agama, dan budaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: MOCHAMAD FAROUK FAROUK
Date Deposited: 27 Jun 2022 08:27
Last Modified: 27 Jun 2022 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7988

Actions (login required)

View Item View Item