Internalisasi Nilai-Nilai Ahlus Sunnah Wal Jamaah Dalam Mencegah Sikap Ekstrimisme Pada Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin Jatiroto Lumajang

Farouk, Mochamad (2022) Internalisasi Nilai-Nilai Ahlus Sunnah Wal Jamaah Dalam Mencegah Sikap Ekstrimisme Pada Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin Jatiroto Lumajang. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOCHAMAD FAROUK _0849418006.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Mochamad Farouk, 2022, Internalisasi Nilai-Nilai Ahlus Sunnah Wal Jamaah Dalam Mencegah Sikap Ekstrimisme Pada Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin Jatiroto Lumajang Kata Kunci: Nilai Ahlus Sunnah Wal Jamaah, Ekstrimisme Islam sebagai ajaran agama yang rahmatal lil al-alamin yang di terima oleh Masyarakat Indonesia, karena ajaran yang di bawanya mudah untuk di mengerti yakni mengenai aqidah, syariah, dan akhlak sedangkan Ekstremisme yang telah tersebar luas tersebut kemudian berpotensi untuk menghasilkan kekerasan, sehingga menjadi ancaman serius bagi kehidupan bernegara dan berbangsa. fokus penelitian ini : 1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai moderat dalam mencegah sikap ekstrimisme peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin Jatiroto Lumajang? 2) Bagaimana internalisasi toleran dalam mencegah sikap ekstrimisme peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin Jatiroto Lumajang? 3) Bagaimana internalisasi seimbang dalam mencegah sikap ekstrimisme peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin Jatiroto Lumajang? Tujuan penelitian ini : 1) Mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana internalisasi nilai-nilai moderat dalam mencegah sikap ekstrimisme peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin Jatiroto Lumajang. 2) Mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana internalisasi toleran dalam mencegah sikap ekstrimisme peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin Jatiroto Lumajang. 3) Mendeskripsikan dan menganalisis internalisasi seimbang dalam mencegah sikap ekstrimisme peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin Jatiroto Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian kualitatif ini membutuhkan kehadiran peneliti untuk terlibat langsung mengobservasi dan mewawancarai serta mendokumentasikan segala bentuk aktifitas yang berkaitan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Milles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini adalah : 1) Internalisasi nilai tawassuth adalah dengan menjaga konsistensi dalam melaksanakan amaliah yang telah diajarkan dan dibiasakan di sekolah seperti sholat tarawih 20 rakaat, wirid setelah sholat. 2) Internalisasi nilai tasammuh (toleran) dalam mencegah sikap ekstrimisme di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin Jatiroto Lumajang dilakukan dengan cara meneladankan kepada siswa untuk menghormati dan menghargai perbedaan yang ada di sekitar mereka, seperti tidak menyalahkan mereka yang memiliki bilangan rakaat sholat tarawih yang berbeda dengan mereka. 3) Internalisasi nilai tawazun dalam mencegah sikap ekstrimisme di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Ainul Yaqin Jatiroto Lumajang dilakukan dengan cara peneladanan serta pemahaman bahwa sikap ekstrim/berat sebelah bukanlah sikap bijak ketika dikaitkan dengan perbedaan pendapat, agama, dan budaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: MOCHAMAD FAROUK FAROUK
Date Deposited: 27 Jun 2022 08:27
Last Modified: 27 Jun 2022 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7988

Actions (login required)

View Item View Item