Prahistiningrum, Galih (2022) Analisa Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas Pada Usaha Jasa Candya Organizer Di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Galih Prahistiningrum_E20172081.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Galih Prahistiningrum, Mashudi, M.E.I. 2022 : Analisa Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas Pada Usaha Jasa Candya Organizer Di Kabupaten Jember.
Bagi perusahaan-perusahaan di negara berkembang dan negera maju, model bisnis yang ada biasanya dirancang untuk mengembangkan inovasi-inovasi untuk pelanggan dengan pendapatan berlebih. Model bisnis merupakan framework diterapkan di perusahaan untuk menjalankan perusahaan yang menjadikan perusahaan dapat bertahan sesuai dengan kebutuhan zaman. Begitu juga dengan Candya Organizer yang harus memiliki model bisnis untuk mengembangkan usahanya di era revolusi industri 4.0 menuju persaingan bisnis revolusi industri 5.0.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana identifikasi pengembangan bisnis Candya Organizer dengan Analisis SWOT?. 2) Bagaimana identifikasi pengembangan bisnis Candya Organizer dengan Business Model Canvas?.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui identifikasi pengembangan bisnis Candya Organizer dengan Analisis SWOT, 2) Untuk mengetahui identifikasi pengembangan bisnis Candya Organizer dengan Business Model Canvas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan Purposive serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kesimpulan penelitian ini adalah : 1) Candya Organizer sudah menerapkan analisis SWOT dalam bisnisnya dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki dengan tujuan untuk menekan kelemahan dan juga ancaman dari internal dan eksternal Candya Organizer. 2) Penelitian ini menghasilkan model bisnis Candya Organizer yaitu Business Model Canvas yang terdiri dari Value Proposition, desain acara menarik dengan mengadopsi kreatifitas di era digital seperti Motion Graphic. Customer Segment dengan rentang usia yang terbilang masih masuk generasi milenial (20-35 tahun) pada wilayah Jember, Bondowoso dan Situbondo. Customer Relationship, dengan membangun hubungan baik dengan klien dan vendor. Channel, menambah media marketing yaitu dengan menjalin komunitas di fans page facebook. Key Activities, memiliki aktivitas dalam wedding planner dan wedding organizer. Key Resource, terdiri dari creative designer dan content designer. Key Partnership, terdiri dari beberapa vendor Candya Organizer yaitu dekorasi, catering, MUA, fotografer hingga videografer. Cost Structure, terdiri dari biaya operasional harian, biaya operasional per acara dan biaya promosi. Revenue Stream, didapatkan dari beberapa pihak yang bekerja sama dengan Candya Organizer yaitu klien dan juga vendor.
Kata Kunci: Pengembangan Bisnis, Business Model Canvas, Analisis SWOT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Galih Prahistiningrum |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 02:44 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 02:44 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7990 |
Actions (login required)
View Item |