MUSTAIN, 084 121 338 (2016) PENERAPAN METODE LATIHAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BACA TULIS AL-QUR’AN SANTRI DI TPQ MAMBA’US SA’ADAH SUKOREJO BANGSALSARI JEMBER TAHUN 2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
0. COVER DEPAN.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK vii.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR ISI viii.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I 1-11.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II 12-33.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III 34-46.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV 47-71.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V 72-73.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA 74-75.pdf Download (380kB) | Preview |
Abstract
Mustain, 2016: Penerapan Metode Latihan Dalam Meningkatkan Prestasi Baca
Tulis Al-Qur’an Santri Di TPQ Mamba’us Sa’adah Sukorejo Bangsalsari Jember
Tahun 2016
Keberhasilan TPQ Mamba’us Sa’adah dalam meningkatkan prestasi
tidak lepas dari pemilihan dan penentuan metode mengajar yang guru gunakan,
karena metode sebagai strategi pengajaran untuk mencapai tujuan yang
diharapkan. Dalam hal ini TPQ Mamba’us Sa’adah menggunakan metode latihan,
kurang lebih selama sepuluh bulan santri yang akan mengikuti ujian akhir
diwajibkan mengikuti pelatihan yang telah ditentukan oleh lembaga.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1)Apa latar belakang TPQ Mamba’us Sa’adah menggunakan metode latihan dalam
meningkatkan prestasi baca tulis al-Qur’an?, 2)Bagaimana penerapan metode
latihan dalam meningkatkan prestasi baca tulis al-Qur’an santri di TPQ Mamba’us
Sa’adah?, 3)Bagaimana prestasi baca tulis al-Qur’an santri di TPQ Mamba’us
Sa’adah. Tujuan penelitian adalah: 1)Mendeskripsikan latar belakang TPQ
Mamba’us Sa’adah menggunakan metode latihan dalam meningkatkan prestasi
baca tulis al-Qur’an, 2)Mendeskripsikan penerapan metode latihan dalam
meningkatkan prestasi baca tulis al-Qur’an santri di TPQ Mamba’us Sa’adah, 3)Mendeskripsikan prestasi baca tulis al-Qur’an santri di TPQ Mamba’us Sa’adah.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penentuan subyek
penelitian secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif, dengan langkahlangkah
yaitu
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan
data yang digunakan yaitu triangulasi teknik.
Hasil penelitiannya adalah: 1)Latar belakang TPQ Mamba’us Sa’adah
menggunakan metode latihan dikarenakan metode ini sangat maksimal sekali
untuk melatih anak supaya terbiasa belajar membaca dan menghafal. Metode
latihan ini juga digunakan untuk mempersiapkan santri yang akan mengikuti ujian
akhir supaya benar-benar menguasai semua materi yang telah diajarkan. 2)Penerapan metode latihan dalam meningkatkan prestasi baca tulis Al-Quran
secara umum dilaksanakan secara terjadwal yaitu mulai hari sabtu sampai hari
kamis dari jam 14:00 sampai jam 16:30 jadi proses pembelajarannya selama dua
jam setengah. Ustadz menerangkan materi pelajaran terlebih dahulu, mengajarkan
cara membacanya, melatih makhorijul hurufnya dengan suara yang keras dan
tegas, kemudian ustadz melatih kecepatan anak untuk menjawab pertanyaan yang
diberikan. Ustadz melatih santri dengan membaca secara terbalik, menyetor
hafalan pelajaran sebelumnya dan dilajutkan dengan baca sima’ antar teman. 3)Prestasi santri TPQ Mamba’us Sa’adah dalam bidang baca tulis al-Qur’an sangat
meningkat dari tahun ketahun dengan menjadi yang terbaik dari semua TPQ yang
ada dikabupaten Jember tepatnya pada tahun 2015 dan 2016 mendapatkan juara satu sekabupaten Jember
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BACA TULIS AL-QUR’AN |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 20 Sep 2017 00:40 |
Last Modified: | 20 Sep 2017 00:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/80 |
Actions (login required)
View Item |