Pengembangan Media Permainan Basket Math Pada Materi Transformasi Geometri Kelas IX SMPN 1 Jember

Rochman, Zuhud Fatchur (2022) Pengembangan Media Permainan Basket Math Pada Materi Transformasi Geometri Kelas IX SMPN 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Zuhud Fatchur Rochman_T20187041.pdf

Download (11MB)

Abstract

Zuhud Fatchur Rochman, 2022: Pengembangan Media Permainan Basket Math
pada Materi Transformasi Geometri Kelas IX SMPN 1 Jember.
Kata Kunci: Pengembangan, Basket math, Transformasi

Kualitas sumber daya manusia di Indonesia perlu ditingkatkan, salah satu
caranya dengan mengembangkan komponen-komponen pendidikan di Indonesia.
Media pembelajaran menjadi suatu komponen yang perlu dikembangkan. Oleh
karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran
berupa permainan yang layak digunakan dalam pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan alur pengembangan
media permainan Basket Math pada materi transformasi geometri kelas IX SMPN
1 Jember, 2) untuk menghasilkan media permainan Basket Math yang valid,
praktis, dan efektif untuk materi transformasi geometri kelas IX SMPN 1 Jember.
Pengembangan media permainan basket math menggunakan model ADDIE
di SMPN 1 Jember. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa untuk kelompok sedang
dan 30 siswa untuk kelompok besar. Pengujian media pembelajaran ini dilakukan
dengan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan secara teoritik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) alur penelitian dengan model
ADDIE dimulai dari tahap Analysis (analisis), tahap ini mencari dan menganalisa
materi yang siswa mengalami kesulitan dan bagaimana kompetensi dari siswa
pada materi tersebut. Tahap kedua adalah Design (desain), tahap ini merupakan
tahap penyusunan desain media permainan Basket Math dan penyusunan desain
instrumen. Tahap ketiga adalah Development (pengembangan), pada tahap ini
dilakukan validasi materi dan media oleh validator. Dari validasi tersebut juga
dilakukan revisi sampai media permainan Basket Math dinyatakan valid. Tahap
keempat adalah Implementation (penerapan), tahap ini dilakukan uji coba
kelompok sedang yang terdiri dari 6 siswa, kemudian dilanjutkan uji coba
kelompok besar yang terdiri dari 30 siswa. Tahap terakhir adalah Evaluation
(penilaian), pada tahap ini dilakukan penilaian media permainan Basket Math
dilihat dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk ini dan
mengkategorikan media permainan Basket Math sebagai media pembelajaran
yang layak. 2) Media permainan Basket Math dinyatakan valid dengan nilai setiap
indikator pada skala nilai minimal tiga. Kepraktisan media permainan Basket
Math jika ditinjau secara teoritik masuk dalam kategori sangat praktis dengan
ditinjau dari presentase angket respon siswa adalah 94,3% sedangkan untuk respon
guru 93,3% dan keefektifan media permainan Basket Math masuk dalam kategori
efektif ditinjau dari hasil post test dengan presentase 86%. Berdasarkan ketiga hal
tersebut dinyatakan media permainan Basket Math layak digunakan dalam
pembelajaran matematika SMP kelas IX materi transformasi geometri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr Zuhud Fatchur Rochman
Date Deposited: 29 Jun 2022 08:39
Last Modified: 29 Jun 2022 08:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8002

Actions (login required)

View Item View Item