Pengaruh Kecemasan Matematis dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Ma'arif Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Faaqi, Shinta Louna (2022) Pengaruh Kecemasan Matematis dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Ma'arif Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SHINTA LOUNA FAAQI_NIM. T20187035.pdf

Download (7MB)

Abstract

Shinta Louna Faaqi, 2022: Pengaruh Kecemasan Matematis dan Prokrastinasi Akademik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci : Kecemasan Matematis, Prokrastinasi Akademik, Hasil Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kecemasan matematis yang cenderung berdampak pada perilaku prokrastinasi akademik dalam pembelajaran matematika. Siswa yang mengalami kecemasan matematis berawal dari kurangnya minat dan motivasi pada pembelajaran matematika, sehingga ketika guru memberikan tugas kepada siswa mereka cenderung melakukan tindakan prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecemasan matematis, prokrastinasi akademik, dan hasil belajar matematika siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematis dan prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 baik secara simultan maupun individu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu Jember. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah populasi dan sampel yaitu 45 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan dokumen dan angket. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan statistik deksriptif dan statistik inferensial, pada statistik inferensial menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kecemasan matematis siswa kelas XI terdapat 7 siswa (15,6%) dengan kecemasan matematis kategori sangat tinggi, 21 siswa (46,7%) dengan kategori tinggi, 16 siswa (35,6%) dengan kategori sedang, 1 siswa (2,2%) dengan kategori rendah. 2) Prokrastinasi akademik siswa terdapat 6 siswa (13,3%) dengan kategori sangat tinggi, 13 siswa (28,9%) dengan kategori tinggi, 22 siswa (48,9%) dengan kategori sedang, 3 siswa (6,7%) dengan kategori rendah, dan 1 siswa (2,2%) dengan kategori sangat rendah. 3) Hasil Belajar matematika siswa kategori sangat rendah ada 15 siswa (33,4%), untuk kategori rendah ada 11 siswa (24,4%), sedangkan kategori sedang ada 7 siswa (15,6%), kemudian kategori tinggi ada 11 siswa (24,4%) dan kategori sangat tinggi ada 1 siswa (2,2%). 4) Terdapat pengaruh yang signifikan kecemasan matematis dan prokrastinasi akademik secara bersama-sama terhadap hasil belajat matematika siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan kecemasan matematis dan prokrastinasi akademik secara individu terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Shinta Louna Faaqi
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:01
Last Modified: 28 Jun 2022 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8006

Actions (login required)

View Item View Item